Bagikan:

JAKARTA - Capres Anies Baswedan memastikan tim hukum Timnas AMIN mengajukan gugatan hasil Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Anies menegaskan gerakan perubahan tetap bergulir ke depan.

“Apa pun takdir yang telah ditetapkan oleh nanti, kami akan tetap membersamai gerakan perubahan. Insyaallah, gerakan ini akan terus bergulir membesar ke depan, dan membawa perubahan-perubahan yang baik dan diperlukan oleh bangsa ini,” kata Anies dalam pernyataan tertulis, Rabu, 20 Maret.

Anies mengingatkan semua pihak menjaga kedamaian dan persatuan pasca-pengumuman hasil Pilpres 2024 oleh KPU hingga proses di MK.

“Mari kita terus jalankan perjuangan ini dengan menjunjung tinggi etika, menjaga kedamaian dan persatuan. Kita dukung langkah tim hukum, dan biarlah segala temuan yang disampaikan nanti menjadi rekam sejarah yang tercatat secara resmi dalam lembaran risalah-risalah Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia,“ tutur Anies.

 

Anies menekankan dalam prinsip negara demokrasi modern, ketidaknormalan dan penyimpangan ‘diluruskan’ sesuai aturan yang berlaku.

Meski menyadari ada pihak-pihak yang berusaha mendegradasi usaha konstitusional Timnas AMIN,  tetapi berbagai ketidaknormalan tersebut menurut Anies tidak dapat dibiarkan.

“Langkah yang kita lakukan bukanlah marah-marah dan melakukan agitasi kepada publik, namun langkah kita adalah mengumpulkan semua bukti-bukti untuk dibawa ke depan hakim. Kami ingin negara ini terus membangun kematangan politik, bukan malah mundur mendekati masa pra reformasi,” terangnya.