Bagikan:

GAZA - Setidaknya sembilan orang tewas ketika pasukan Israel kembali menargetkan pencari bantuan di Gaza.

Ketua WHO mengatakan misi bantuan berhasil mencapai Rumah Sakit al-Shifa di Gaza utara, membawa makanan dan pasokan medis, sementara Kementerian Kesehatan mengatakan 2.000 pekerja medis di utara Gaza menghadapi kelaparan.

"Anak-anak di Gaza menderita gangguan mental yang tiada henti selama lima bulan perang, kata Save the Children.

Kekejaman tentara Israel terhadap masyarakat Gaza seakan tidak ada habisnya. Berikut beberapa peristiwa penting yang tercatat di hari ke-158 dikutip dari Al Jazeera, Selasa, 12 Maret.

Perjuangan dan krisis kemanusiaan

- Pada hari Selasa, pasukan Israel dilaporkan menyerang warga Palestina yang menunggu truk bantuan di Bundaran Kuwait di selatan Kota Gaza, menewaskan tujuh orang, kantor berita Wafa melaporkan.

-Secara terpisah, Israel pada Senin sedang memeriksa apakah mereka telah membunuh wakil pemimpin militer Hamas dalam serangan udara di Gaza, kata militer Israel, ketika prospek gencatan senjata yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan memudar.

- Jika kematiannya terkonfirmasi, Marwan Issa akan menjadi pejabat tertinggi dari kelompok yang dibunuh oleh Israel dalam lima bulan perang yang telah menghancurkan wilayah kantong yang terkepung dan menewaskan lebih dari 31.000 warga Palestina, sebagian besar dari mereka adalah wanita dan anak-anak.

- Pertempuran selama lebih dari lima bulan telah menyebabkan krisis kemanusiaan, dengan anak-anak mati kelaparan karena kekurangan gizi dan dehidrasi ketika Israel memberlakukan pembatasan pengiriman bantuan ke Gaza.

- Konflik selama lima bulan ditambah blokade selama lebih dari satu setengah dekade telah menyebabkan kerusakan mental yang tiada henti pada anak-anak di Gaza, menurut laporan yang dirilis oleh Save the Children pada hari Selasa.

- Kapal amal Open Arms telah berlayar ke Gaza dari Siprus, membawa hampir 200 ton makanan. Misi tersebut, yang merupakan bagian dari proyek percontohan yang berupaya membuka jalur laut agar bantuan dapat disalurkan kepada penduduk Gaza yang kelaparan, diselenggarakan oleh badan amal AS, World Central Kitchen (WCK) dan didanai oleh UEA.

Ketegangan regional

- Komando Pusat militer AS (CENTCOM) telah mengkonfirmasi bahwa Houthi menembakkan dua rudal balistik antikapal ke kapal milik Singapura dan berbendera Liberia yang disebut “Pinocchio”.

- Menteri Urusan Perempuan Palestina Amal Hamad menyerukan “semua perempuan di dunia untuk mendukung perempuan Palestina” ketika ia berbicara kepada wartawan dalam sesi Komisi Status Perempuan PBB di New York pada hari Senin.

- Sementara itu, Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz mengecam Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres karena memiliki “bias yang menyedihkan” terhadap korban kekerasan seksual di Israel.

- Tariq Ahmad, menteri luar negeri Inggris yang bertanggung jawab atas hubungan dengan Timur Tengah, Afrika Utara dan PBB, pada hari Senin mendesak Israel untuk “mengizinkan akses tanpa hambatan” ke tempat-tempat suci Yerusalem selama Ramadhan.

- Presiden AS Joe Biden juga mengatakan dia tidak memiliki rencana “saat ini” untuk berpidato di depan parlemen Israel seperti yang diberitakan sebelumnya oleh beberapa media.

Kekerasan di Tepi Barat yang diduduki

- Sebuah demonstrasi besar-besaran diadakan di kota Arraba, selatan Jenin di Tepi Barat yang diduduki pada hari Senin, sebagai tanggapan atas pembunuhan pria Palestina Muhammad Jaber.

- Pasukan Israel telah membunuh Jaber, yang berasal dari Arraba, bersama pria Palestina lainnya dalam penembakan di utara Tulkarem. Mereka mengklaim Jaber bersenjata dan berencana melakukan serangan.

- Militer Israel telah menembak dan membunuh dua pria Palestina di dekat kota Attil, sebelah utara Tulkarem di Tepi Barat yang diduduki, kantor berita Wafa melaporkan pada hari Selasa. Lebih dari 400 warga Palestina telah terbunuh di Tepi Barat yang diduduki oleh pasukan Israel sejak 7 Oktober, ketika Israel melancarkan serangan militernya di Gaza setelah serangan mematikan yang dipimpin Hamas.