Bagikan:

JAKARTA - Presiden Emmanuel Macron mengatakan, Prancis tidak berencana untuk mengirimkan pasukannya ke Ukraina dalam waktu dekat, usai pernyataannya pekan lalu menuai reaksi internasional.

Presiden Macron pada Hari Senin pekan lalu membuka pintu bagi negara-negara Eropa untuk mengirimkan pasukan ke Ukraina, meskipun ia memperingatkan bahwa belum ada konsensus pada tahap ini.

Komentarnya, yang disampaikan pada pertemuan para pemimpin Eropa di Paris mengenai cara meningkatkan dukungan bagi Kyiv, di tengah kemajuan pasukan Presiden Rusia Vladimir Putin di Ukraina timur serta meningkatnya kekurangan amunisi dan tenaga kerja di pihak Ukraina.

Ketika diminta untuk mengomentari tanggapan internasional terhadap pernyataannya pada konferensi minggu lalu mengenai Ukraina di Paris, pemimpin Prancis tersebut mengatakan, "Menjawab pertanyaan tentang pengiriman pasukan, saya mengatakan bahwa tidak ada yang mustahil," seperti dilansir dari TASS 5 Maret.

"Ini tidak berarti bahwa kami berencana untuk mengerahkan pasukan Prancis ke Ukraina dalam waktu dekat. Ini berarti bahwa kami membuka diskusi dan mempertimbangkan segala sesuatu yang dapat dilakukan untuk mendukung Ukraina, pertama-tama, wilayah Ukraina," lanjut Presiden Macron dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Ceko Pravo.

Menurut Presiden Prancis, para peserta pertemuan menyepakati lima bidang kerja sama, yaitu keamanan siber, produksi bersama barang-barang militer untuk Ukraina, bantuan keamanan kepada negara-negara paling rentan dalam konteks konflik di Ukraina, dukungan untuk Ukraina di perbatasannya dengan Belarus dan kerja sama dalam aktivitas pembersihan ranjau.

"Selain itu, saya selalu jelas mengenai garis merah kami: kami tidak berperang melawan rakyat Rusia dan menolak logika eskalasi,” tegas Presiden Macron.

Diketahui, pernyataan Presiden Macron mengenai kemungkinan pengiriman pasukan menuai kritik keras dari Rusia, sementara sekutu NATO mengesampingkan langkah yang bisa memicu konflik langsung dengan Rusia.

Ditanya tentang pernyataan Macron, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan: "Fakta membahas kemungkinan pengiriman kontingen tertentu ke Ukraina dari negara-negara NATO merupakan elemen baru yang sangat penting."

Ketika ditanya apa risiko konflik langsung Rusia-NATO jika anggota NATO mengirim pasukan mereka untuk berperang di Ukraina, Peskov mengatakan: "Dalam hal ini, kita perlu membicarakan bukan tentang kemungkinannya, tapi tentang keniscayaan (bentrokan langsung)."

Sedangkan Menteri Luar Negeri Prancis Stephane Sejourne mengatakan dalam kesempatan berikutnya, kehadiran pasukan Barat di Ukraina mungkin diperlukan untuk menawarkan bantuan tertentu, misalnya, dalam operasi pembersihan ranjau dan pelatihan tentara Ukraina, namun kehadiran tersebut tidak berarti partisipasi mereka dalam operasi tersebut. konflik.

Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengatakan, aliansi militer pimpinannya tidak memiliki rencana untuk mengirim personel ke Ukraina. Jerman, Inggris, Spanyol, Polandia, dan Republik Ceko menjauhkan diri dari dugaan mereka mungkin mengerahkan pasukan darat untuk perang di Ukraina, yang kini sudah memasuki tahun ketiga. Gedung Putih kemudian menegaskan kembali Amerika Serikat juga tidak berencana mengirim pasukan.