Sama Seperti Jokowi, Anak dan Menantu Andalkan Gaya Blusukan
Wali Kota Medan Bobby Nasution di Kesawan Medan (Malo M/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Wali Kota Medan Bobby Nasution sama-sama langsung blusukan seperti yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anak dan menantu Jokowi ini meninjau perkembangan kota masing-masing. 

Hari ini, Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau cagar budaya di kawasan Kesawan. Pemko Medan menargetkan percepatan perbaikan kawasan cagar budaya di Kesawan tahun ini. 

"Mudah-mudahan tahun ini, karena sudah ada semuanya. DED (Desain Enginering Design) sudah ada, khususnya untuk jalan Ahmad Yani dan Pajak Ikan Lama,” kata Bobby Nasution Senin, 1 Maret

Perbaikan itu, kata Bobby dilakukan berdasarkan banyaknya bentuk bangunan yang sudah berubah. Menurutnya, bentuk bangunan di kawasan Kesawan itu harusnya dipertahankan. 

"Kita lihat, bangunan selama harusnya dipertahankan sudah banyak berubah. Ini akan kita kembalikan lagi benar-benar seperti cagar budaya yang harus bangunan lama, heritage kita kembalikan lagi," jelasnya. 

Untuk mewujudkannya, Bobby Nasution mengajak semua masyarakat turut serta menjaga keberadaan cagar budaya di Medan. Apalagi, sebagian besar bangunan cagar budaya itu dimiliki masyarakat. 

"Pemko Medan, tidak akan sanggup menjaga cagar budaya tanpa ada kolaborasi dari masyarakat. Saya sudah ada komunikasi dengan masyarakat dan terus berkomunikasi," jelasnya. 

Nantinya, kata Bobby, Pemko Medan akan membuat konsep kawasan Kesawan menjadi tempat wisata. Kemudian, untuk menunjang pemulihan ekonomi di masa pandemi, kawasan itu nantinya akan diperuntukkan untuk UMKM. 

"Untuk pengelolaan UMKM siapa, nanti dulu. Kita perbaiki dulu infrastruktur nya, bangunannya, baru kita masukkan UMKM ke sana," ujar Bobby.

Pada akhir pekan kemarin, Bobby Nasution melaksanakan pemberian vaksinasi COVID-19 di Kota Medan, yang diadakan di beberapa titik yaitu Terminal amplas, Terminal Pinang Baris, Pasar Sei Kambing, Pasar Tikung Johor.

Pemberian vaksinasi untuk masyarakat difokuskan kepada pengemudi angkutan dan pedagang pasar dengan harapan mereka dapat memiliki kekebalan tubuh yang kuat dan terhindar dari penyebaran COVID-19, sehingga memberikan rasa aman kepada masyarakat saat menggunakan angkutan umum dan bertransaksi jual beli di pasar.

Begitu juga yang dilakukan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Usai dilantik, Jumat, 26 Februari, Gibran langsung tancap gas, blusukan. 

“Alhamdulillah, usai dilantik secara resmi mengemban amanah. Saya langsung blusukan ke Pasar Gede dan Pasar Klewer untuk meninjau persiapan vaksin bagi para pedagang pasar,” katanya.

“Selepas saya mengecek persiapan peninjauan vaksin, seorang penjual buah, Mbah Suharni tiba-tiba memberi cindera mata sebuah payung yang unik. Beliau turut mendoakan, agar masa kepemimpinan ini mendatang berkah bagi orang banyak. Saya pun mengamini,” tutur Gibran