5 Provinsi Ini Berpotensi Alami Banjir Kategori Tinggi pada Awal Maret
Ilustrasi banjir Jakarta (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi masih akan mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia pada awal Maret 2024 ini. Bahkan hujan tersebut menyebabkan banjir dengan kategori tinggi.

Dari informasi yang dibagikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lewat akun Instagram @infobmkg, Senin 4 Maret, ada lima provinsi yang diprediksi akan mengalami banjir dengan kategori tinggi, meliputi sebagian kecil Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sementara itu, wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori menengah (50-150 mm/dasarian) pada awal Maret 2024 ini, meliputi sebagian besar Sumatra.

Juga sebagian kecil Bali, sebagian Jawa, sebagian besar Kalimantan, sebagian Nusa Tenggara, sebagian besar Sulawesi, sebagian besar Maluku, sebagian besar Papua Barat dan Papua.

Wilayah yang diprediksikan mengalami hujan kategori tinggi-sangat tinggi (lebih dari 150 mm/dasarian), meliputi sebagian besar Banten, kecil Aceh dan Lampung, sebagian besar Bali.

Lalu sebagian NTB dan NTT, sebagian Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, sebagian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan, serta sebagian kecil Sulawesi Selatan dan Papua.

Khusus di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), cuaca hujan ekstrem juga diprediksi akan terjadi hingga 8 Maret 2023.

Kondisi ini dipengaruhi gelombang rossby ekuatorial di sebelah barat Pulau Jawa, dan juga peningkatan kecepatan angin di sekitar Selat Karimata dan Kepulauan Bangka Belitung.