Mallorca Menang, Girona Gagal Bayangi Real Madrid
Bek Mallorca Jose Copete dikepung pemain Girona di pertandingan La Liga Spanyo. (X/@RCD_MallorcaEN)

Bagikan:

JAKARTA - Girona gagal membayangi Real Madrid setelah menelan kekalahan 1-0 saat menghadapi Mallorca di pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Son Moix, Senin, 4 Maret 2024 dini hari WIB.

Girona mulai terancam. Kekalahan pada tiga dari lima laga terakhir membuat upaya mereka memangkas jarak poin dengan Madrid menjadi terhambat.

Bahkan Girona justru mendapat ancaman kehilangan posisinya dengan digeser Barcelona yang menunjukkan konsistensinya saat memasuki paruh kedua kompetisi domestik.

Girona sesungguhnya sempat menyaingi Madrid dalam perburuan titel liga. Terutama setelah mereka tak terkalahkan selama 15 pertandingan.

Namun situasi mulai berubah sejak Girona dihajar telak 4-0 oleh Madrid. Setelah kekalahan memalukan itu, Girona mulai kesulitan menghadapi persaingan dengan Los Merengues. Apalagi, mereka kemudian gagal bangkit dan dikalahkan Athletic Bilbao 3-2.

Girona sempat kembali ke jalur menang dengan menaklukkan Rayo Vallecano 3-0. Namun Savio dkk kembali gagal saat menyambangi markas Mallorca.

Kekalahan itu menjadikan poin Girona tetap 59. Mereka pun sudah tertinggal tujuh poin dengan Madrid yang ditahan Valencia 2-2.

Sementara, Mallorca menunjukkan tren positif. Grafik permainan mereka terus menanjak sehingga Mallorca bisa menjauh dari zona degradasi.

Kini Mallorca menduduki peringkat 15 dengan poin 27. Mereka sudah unggul delapan poin dengan tim yang berada di zona degradasi. Sebelumnya, Mallorca juga melangkah ke final Copa del Rey dengan menyingkirkan tim unggulan Real Sociedad.

Di laga itu, Mallorca sesungguhnya tidak tampil maksimal. Mereka terlihat kurang bugar usai bertarung habis-habisan meraih tiket final Copa del Rey.

Mallorca hanya mengandalkan serangan balik. Namun Girona yang mendominasi permainan tetapi lemah dalam penyelesaikan akhir.

Mallorca akhirnya memecah kebuntuan lewat bek Jose Copete yang membobol gawang Girona di menit 33. Dirinya menyambut bola liar dan kemudian melepaskan tendangan ke sudut atas gawang.

Unggul 1-0, Mallorca langsung memperkuat pertahanan. Strategi tuan rumah mampu membuat pemain Girona frustrasi. Mereka pun gagal mencetak gol, Skor satu gol untuk Mallorca pun bertahan sampai akhir laga.

"Kami sama sekali tidak agresif dalam menyerang," kata pelatih Girona Michel menanggapi kekalahan tim.

"Kami bermain buruk di babak pertama yang membuat mereka bisa mencetak gol. Selain itu, kami tak bisa mengambil kesempatan. Bahkan kesulitan mengimbanginya," ujar dia lagi.