Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat belajar tentang jaringan komputer, ada beberapa hal yang harus diketahui salah satunya adalah terkait cara kerja topologi tree. Topologi tree sendiri merupakan salah satu metode yang dipakai untuk menghubungkan dua atau lebih komputer ke beberapa tingkatan. Artikel ini akan membahas tentang topologi tree khususnya pengertian dan cara kerja topologi tersebut.

Cara Kerja Topologi Tree

Harus diketahui bahwa jaringan komputer adalah sebuah sistem yang menghubungkan dua atau lebih komputer. Sistem ini memungkinkan antarkomputer melakukan transfer data hingga bisa berkomunikasi. Jenis jaringan komputer kemudian dibagi lagi menjadi berbagai macam hal.

Dalam ilmu jaringan komputer, topologi adalah metode untuk menhubungkan dua atau lebih komputer di satu jaringan. Ada beberapa jenis topologi yang sering dipakai yakni sebagai berikut.

  • Topologi bus
  • Topologi ring
  • Topologi star
  • Topologi mesh
  • Topologi tree
  • Topologi hybrid

Sedangkan pengertian topologi tree adalah salah satu metode yang digunakan untuk mengkonfigurasikan jaringan komputer. Konfigurasi sendiri dilakukan dengan menghubungkan komputer dalam sebuah hierarki atau tingkatan. Setidaknya tingkatan yang dibentuk jumlahnya ada tiga tingkat.

Topologi tree disebut sebagai topologi pohon karena seluruh elemen yang saling terhubung berformat seperti pohon dan cabangnya. Cara kerja topologi tree juga menyerupai pohon, yakni komputer yang ada di tingkat rendah akan dihubungkan ke komputer dengan tingkatan yang lebih tinggi. Untuk lebih memahami topologi tree simak uraian berikut.

Cara kerja topologi tree yakni setiap client dikelompokan dengan sebuah hub yang berfungsi sebagai pusat komunikasi seperti halnya pada topologi star. Selanjutnya setiap pusat komunikasi tersebut dihubungkan satu sama lain dengan topologi bus yang menggunakan kabel utama sebagai backbone (tulang punggung).

  • Tiap client akan dikelompokkan dengan sebuah hub yang fungsinya sebagai pusat komunikasi seperti pada topologi star.
  • Setelah itu tiap pusat komunikasi akan dihubungkan lagi antara satu dengan yang lainnya. Pada tahap ini penggabungan menggunakan topologi memakai kabel utama sebagai tulang punggung atau backbone.
  • Data yang dikim oleh kelompok jaringan pertama nantinya akan melewati hub terlebih dahulu, lalu data tersebut tersambung dengan kelompok jaringan kedua atau yang berikutnya.

Kelebihan Topologi Tree

Topologi ini memang tidak begitu populer dan tak banyak digunakan dibanding topologi bus, namun memiliki beberapa kelebihan yakni sebagai berikut.

  1. Cocok untuk jaringan skala besar
  2. Penambahan client atau penambahan jaringan baru cukup mudah dilakukan
  3. Jika terjadi kerusakan di salah satu client, maka client lagi tak akan terdampak
  4. Proses identifikasi dan isolasi saat terjadi kerusakan di jaringan bisa dan mudah dilakukan
  5. Karena komunikasi dilakukan secara point to point, manajemen data bisa dilakukan dengan lebih baik.

Kekurangan Topologi Tree

Selain memiliki kelebihan, topologi ini juga memiliki beberapa kekurangan yang wajib diperhatikan yakni sebagai berikut.

  • Saat kabel utama (backbone) rusak atau bermasalah, semua jaringan ikut terganggu
  • Adanya sistem hierarki juga berdampak pada seluruh jaringan
  • Butuh biaya mahal untuk membangun jaringan ini

Disarankan pula untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan topologi bus dalam ilmu jaringan komputer.

Itulah informasi terkait cara kerja topologi tree. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.