Apa Saja Jenis-Jenis Jaringan Komputer? Berikut 10 Tipe Beserta Fungsinya
Ilustrasi jaringan komputer (Foto: Pixabay/Martinelle)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang memungkinkan beberapa komputer untuk saling terhubung dan berbagi informasi (data) serta sumber daya. Jenis-jenis jaringan komputer yang paling sering digunakan adalah Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), dan Metropolitan Area Network (MAN).

Jaringan komputer disusun dengan rute koneksi yang memiliki jangkauan area berbeda-beda. Perbedaan rute koneksi inilah yang membagi jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Telah disinggung di atas, jenis-jenis jaringan komputer yang paling sering digunakan adalah LAN, WAN, dan MAN.

Selain itu, masih ada banyak lagi jenis jaringan komputer yang dibedakan berdasarkan fungsinya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat, 26 Januari 2024, berikut jenis-jenis jaringan komputer beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui:

  • Local Area Network (LAN): LAN adalah jaringan yang memungkinkan beberapa komputer untuk saling terhubung dalam jarak berdekatan. Jaringan ini menggunakan kabel sebagai saluran utamanya. LAN kerap dipakai untuk menghubungkan banyak komputer di satu lokasi. Misalnya, untuk menghubungkan beberapa perangkat ke satu komputer, server, printer, atau sumber daya lainnya di sebuah rumah atau kantor.
  • Wide Area Network (WAN): WAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan beberapa perangkat atau berbagai macam tipe jaringan lainnya, dalam jarak jangkauan yang cukup jauh, bahkan bisa lintas negara. Misalnya, jaringan internet yang dipakai selama ini, di mana WAN akan menghubungkan beberapa komputer dengan sebuah sever yang terdapat di negara lain.
  • Metropolitan Area Network (MAN): Jenis jaringan komputer yang satu ini berfungsi untuk menghubungkan berbagai komputer dalam area sebuah kota. MAN kerap dimanfaatkan untuk menghubungkan komputer di satu lembaga ke lembaga lainnya dalam satu wilayah administratif.
  • Personal Area Network (PAN): Jenis jaringan komputer ini sering dipakai untuk menghubungkan berbagai perlengkapan elektronik dalam ruang lingkup pribadi yang dimiliki dan dikelola oleh pengguna sendiri. Misalnya, menghubungkan perangkat printer ke komputer atau menghubungkan komputer dengan speaker Bluetooth.
  • Wireless Local Area Network (WLAN): WLAN adalah tipe jaringan yang menggunakan teknologi wireless untuk menghubungkan banyak perangkat. Artinya, jaringan ini tidak memerlukan kabel. Contoh penggunaan WLAN adalah terhubungnya beberapa perangkat yang ada di sebuah rumah dengan satu jaringan internet WiFi.
  • Campus/Corporat Area Network (CAN): Tipe jaringan komputer ini dipakai untuk menghubungkan berbagai perangkat dan komputer dalam sebuah instansi pendidikan. CAN juga sering digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat dalam satu bangunan perusahaan yang memiliki banyak ruangan.
  • Storage Area Network (SAN): SAN merupakan jaringan komputer yang menghubungkan beberapa perangkat komputer sekaligus dengan sejumlah media penyimpanan (storage) berkemampuan tinggi dalam server. Perangkat yang dapat mengakses jaringan SAN dapat mengambil data yang ada di dalamnya. Hal ini dapat dilakukan bila perangkat tersebut terhubung dengan server yang menjadi jembatan untuk media penyimpanan tersebut.
  • Passive Optical Local Area Network (POLAN): Jaringan komputer ini menggunakan kabel fiber optic untuk memuluskan proses transmisi antar perangkat. Jaringan POLAN berfungsi untuk menyambungkan fiber optic ke perangkat router, sehingga nantinya internet bisa disalurkan ke gadget di sekitarnya melalui jaringan WLAN.
  • Enterprise Private Network (EPN): EPN adalah jaringan komputer yang berfungsi untuk menyambungkan berbagai perangkat, storage, komputer, dan lain sebagainya dalam satu perusahaan besar. Jaringan komputer ini umum digunakan perusahaan-perusahaan yang menyimpan berbagai data krusial, seperti data pribadi pengguna.
  • Virtual Private Network (VPN): VPN adalah sebuah jaringan yang memungkinkan koneksi internet pengguna terhubung dengan jaringan pribadi milik sebuah server. Jenis jaringan komputer ini dapat membuat aktivitas berselancar di dunia maya menjadi lebih privasi.

Demikian informasi tentang jenis-jenis jaringan komputer. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.