Mengenal Jenis-Jenis LAN Card, Fungsi, dan Cara Kerjanya pada Komputer
Ilustrasi LAN Card (Foto: Pixabay/byrev)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Local Area Network (LAN) Card merupakan perangkat keras (hardware) berbentuk seperti kartu yang berfungsi menghubungkan komputer ke jaringan, baik jaringan lokal antar komputer (ethernet) ataupun internet. LAN Card memiliki beberapa jenis, apa saja? Berikut infomasi tentang jenis-jenis LAN Card yang umum dipakai di sebuah komputer.

Jenis-Jenis LAN Card

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat 8 Desember 2023, secara garis besar, ada dua jenis LAN Card yang umum dipakai agar komputer dapat terhubung ke jaringan, di antaranya:

1. LAN Card kabel

Jenis LAN Card yang satu ini memiliki lubang input yang digunakan sebagai tempat untuk menghubungkan komputer dengan jaringan ethernet maupun internet menggunakan kabel.

LAN Card kabel saat ini masih banyak digunakan, sebab dianggap memiliki biaya yang lebih efisien.

Local Area Network dengan koneksi kabel ini dibagi lagi menjadi tiga jenis, antara lain:

  • LAN Card USB: Ini adalah LAN Card yang dirancang untuk digunakan pada komputer yang tidak mempunyai slot PCI atau PCI Express. LAN Card ini menyediakan koneksi jaringan melalui port USB. Instalasinya juga sangat mudah, pengguna tidak perlu repot-repot membuka casing komputer, cukup dengan menancapkan port USB saja.
  • LAN Card ISA: LAN Card jenis ini memiliki slot berwarna hitam dan mempunyai satu sampai tiga. Ciri lain dari LAN Card ISA adalah konektor outputnya support untuk BNC dan RJ-45.
  • LAN Card PCI: LAN Card jenis ini memakai slot PCI (Peripheral Component Interconnect) pada motherboard komputer. LAN Card PCI menawarkan kecepatan yang baik dan support dengan berbagai sistem operasi. Kelemahannya, instalasinya memerlukan slit PCI kosong pada motherboard.

2. LAN Card Fiber Optic

LAN Card fiber optic adalah jenis LAN Card yang mendukung sambungan kabel fiber optic. Jenis LAN Card ini dapat digunakan untuk mendukung lalu lintas jaringan pada komputer server yang memerlukan transmisi berkecepatan tinggi.

Fungsi LAN Card

Di atas telah disinggung bahwa LAN Card berfungsi menghubungan komputer ke sebuah jaringan, baik jaringan lokal antar komputer maupun jaringan internet.

Secara lebih rinci, berikut beberapa fungsi LAN Card pada komputer:

  • Koneksi ke jaringan: Hadirnya LAN Card memungkinkan perangkat komputer terhubung ke jaringan, baik melalui kabel atau nirkabel (WiFI). Selain itu, LAN Card juga memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dengan perangkat lain dalam jaringan seperti komputer lain atau sever.
  • Mengirim dan menerima data: Fungsi LAN Card yang berikutnyya adalah mengirimkan dan menerima data dalam jaringan. LAN Card melibatkan konversi data dari bentuk digital ke sinyal fisik yang bisa dikirim lewat media transmisi kabel atau nirkabel.
  • Keamanan jaringan: LAN Card dapat men-support keamanan jaringan. Sebagai contoh, beberapa LAN Card mendukung Virtual LAN untuk memisahkan lalu lintas jaringan. Selain itu, ada pula LAN Card yang mendukung enkripsi data untuk meningkatkan keamanan transmisi.
  • Mendukung protokol komunikasi jaringan: LAN Card sangat support terhadap berbagai protookol komunikasi jaringan, seperti TCP/IP, UDP, dan lainnya.

Cara Kerja LAN Card

Cara kerja LAN Card yakni mentransmisikan data dari komputer ke jaringan dan sebaliknya. Selama proses tersebut, LAN Card berperan sebagai perantara antara komputer dan jaringan.

Misalnya, saat pengguna meminta sebuah halaman web di jaringan internet, komputer akan meneruskan permintaan atas data tersebut ke LAN Card. Lalu, kartu jaringan akan mengonversinya menjadi sinyal Listrik.

Berikutnya, sinyal dari LAN Card akan dikirim lewat media transmisi yang dipakai pengguna LAN, baik melalui kabel ataupun nirkabel. Kemudian, server dari web di internet yang diminta pengguna akan menerima sinyal listrik itu.

Setelah itu, sever tersebut akan merespon dengan mengirimkan data halaman web kembali ke LAN Card sebagai sinyal listrik. LAN Card akan menerima sinyal listrik tersebut dan menerjemahkannya menjadi data digital untuk ditampilkan di layar komputer.  

Demikian informasi tentang jenis-jenis LAN CARD, fungsi dan cara kerjanya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.