Kritikus Andal Vladimir Putin, Alexei Navalny Dimakamkan Jumat Ini di Moskow
Presiden Rusia Vladimir Putin usai terbang dengan bomber Tu-160M. (Sumber: Kommersant/Dmitry Azarov)

Bagikan:

JAKARTA - Alexei Navalny akan dimakamkan di sebuah pemakaman di Moskow pada hari Jumat, pekan ini. Kebaktian akan diadakan di Pemakaman Borisovskoye, setelah upacara perpisahan di distrik Maryino.

Pada hari Selasa, 27 Februari, sebagaiamana dikutip dari BBC, juru bicara pemimpin oposisi mengatakan, timnya sedang berjuang untuk menemukan rumah duka setelah beberapa menolak mengadakan kebaktian ketika mereka mengetahui untuk siapa.

Alexei Navalny tiba-tiba meninggal di penjara Arktik awal bulan ini. Selama bertahun-tahun, dia adalah kritikus paling terkenal terhadap Vladimir Putin. 

Janda Navalny, Yulia Navalnaya, serta beberapa pemimpin dunia, secara langsung menyalahkan presiden Rusia atas kematiannya.

Tim Navalny awalnya ingin mengadakan pemakaman pada 29 Februari, tetapi "dengan cepat menjadi jelas bahwa tidak ada satu orang pun di sekitar yang dapat menggali kuburan pada hari itu", Ivan Zhdanov, direktur Yayasan Antikorupsi Alexei Navalny, menulis di X.

Zhdanov menyiratkan bahwa alasannya adalah karena Presiden Rusia Vladimir Putin akan menyampaikan pidato tahunannya kepada Majelis Federal pada hari yang sama.

"Kremlin memahami bahwa tidak ada yang akan peduli dengan Putin dan pidatonya pada hari perpisahan Alexei," tulisnya.

Dia juga mendorong orang-orang untuk datang lebih awal "untuk memiliki kesempatan mengucapkan selamat tinggal kepada Alexei".