Isa, si Orang 'Paling Tajir' di Indonesia Versi Sri Mulyani Hanya Punya Harta Rp9,6 Miliar
Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata. (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani beberapa waktu lalu sempat mengatakan bahwa orang terkaya di Indonesia adalah Isa Rachmatarwata. Sebab, ditangan dialah keberadaan aset senilai lebih dari Rp10.000 triliun dikuasai.

Aset tersebut merujuk pada nilai kekayaan pemerintah Indonesia yang menjadi tugas dan tanggung jawab Isa sebagai Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan.

Sri Mulyani melontarkan guyon ini saat memberikan pengarahan kepada calon pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Keuangan.

Sejatinya, Isa merupakan birokrat karir yang dinilai Komisi Pengawas Korupsi (KPK) memiliki kekayaan wajar. Hal tersebut dibuktikan Isa dengan memberikan laporan harta secara berkala kepada lembaga anti rasuah.

Terakhir, Isa menyampaikan informasi mengenai seluruh aset pribadinya kepada KPK pada 16 Maret 2020. Kala itu, dia mengungkapkan bahwa memiliki kekayaan sebesar Rp9,6 miliar.

Harta tersebut terdiri dari tanah dan bangunan di Tangerang Selatan senilai Rp910 juta, dua kendaraan bermotor jenis mobil Rp350 juta, dan harta bergerak lain Rp185 juta.

Selanjutnya, dia melaporkan pula bahwa memiliki surat berharga Rp110 juta, kas dan setara kas Rp7,05 miliar, serta harta lain Rp1,22 miliar.

Pada lampiran ini Isa juga menyertakan kewajiban kepada pihak ketiga berupa utang sebesar Rp215,9 juta.

“Pengumuman ini diumumkan dengan catatan lengkap berdasarkan hasil verifikasi pada 13 April 2020,” demikian sebut KPK dalam keterangan tertulis seperti yang dikutip VOI, Jumat, 26 Februari.