KPU Makassar Siap Gelar Pemungutan Suara ulang di 10 TPS Sabtu Akhir Pekan
Anggota KPU Makassar Muh Andi Goncing saat memberikan penjelasan kesiapaan pelaksanaan PSU Pemilu 2024 di kantornya Jalan Perumnas Antang Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (21/2/2024). ANTARA/Darwin Fatir.

Bagikan:

MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menyatakan siap menggelar pemungutan suara ulang atau PSU Pemilu 2024 di 10 tempat pemungutan suara pada Sabtu, 24 Februari.

"Pelaksanaan PSU ini sudah siap, meskipun ada beberapa yang masih kurang, seperti plano itu yang kita tambah. Kekurangan itu kita tambah dan proses cetak sekarang. Paling lambat Jumat (23/3)sudah sortir dan packing supaya langsung masuk persiapan hari Sabtu," kata Anggota KPU Makassar Muh Andi Goncing dilansir ANTARA, Rabu, 21 Februari.

Ia memastikan sejumlah kendala dan masalah keterlambatan logistik di TPS yang terjadi saat hari pemungutan suara 14 Februari 2024 tidak akan terulang.

Andi menambahkan tidak ada lagi surat suara tertukar, termasuk logistik yang kurang saat PSU, dan memastikan PSU berjalan sesuai aturan yang berlaku.

"Ini kemudian mau kita pastikan. Kita agendakan hari ini rakor persiapan PSU. Untuk petugas KPPS tetap sama, kecuali petugas yang menyatakan mundur dan berhalangan kita akan cari penggantinya berdasarkan petunjuk teknis," katanya menegaskan.

Untuk pelaksanaan PSU, sesuai waktu normal sama dengan pemungutan suara 14 Februari lalu, yakni dimulai pukul 07.00 hingga 13.00 Wita dan lokasi TPS sesuai lokasi TPS yang sebelumnya, tidak ada perubahan.

"Kami menyampaikan kepada seluruh masyarakat pada tanggal 24 Februari kita akan mengadakan PSU di Makassar. Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat yang namanya terdaftar sebagai pemilih suara, baik itu DPT atau DPTb untuk kembali ke TPS menyalurkan suaranya. Kita jamin seluruh logistiknya akan terpenuhi," tutur dia mengimbau.

Mengenai surat suara yang disiapkan pada PSU, Andi menjelaskan hanya dua jenis, yakni surat surat pemilihan presiden dan wakil presiden serta surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

"Kalau untuk PSU ini ada di 10 TPS semuanya pilpres dan ada dua TPS yang pemilihan DPD. Untuk DPD itu di Kelurahan Buakana dan di Kelurahan Berua," sebut Abdi selaku Koordinator Humas dan Datin KPU Makassar.

Berdasarkan rekomendasi Bawaslu Makassar kepada KPU Makassar tercatat ada 10 TPS yang menggelar PSU pada Sabtu, 24 Februari 2024, yakni TPS 021 Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya, TPS 02 Kelurahan Minasa Upa Kecamatan Rappocini, TPS 036 Kelurahan Minasa Upa, Kecamatan Rappocini.

Selanjutnya, TPS 04 Kelurahan Baru, Kecamatan Ujung Pandang, TPS 02 Kelurahan Bulogading, Kecamatan Ujung Pandang, TPS 028 Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, TPS 031 Kelurahan Pabaeng-baeng, Kecamatan Tamalate.

Disusul, TPS 03, Kelurahan Maricaya, Kecamatan Makassar, TPS 036 Kelurahan Berua, Kecamatan Biringkanaya, dan TPS 020 Kelurahan Buakana, Kecamatan Roppocini.