Bagikan:

JAKARTA - Pemilih Penyelenggara Kecamatan (PPK) Cakung melaksanakan perhitungan rekapitulasi surat suara Pemilu 2024 di tingkat Kecamatan pada Jumat, 16 Februari. Rekapitulasi dilakukan per kelurahan dengan urutan pengecekan surat suara pemilihan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Ketua PPK Kecamatan Cakung, Asep Darudin mengatakan terkhusus di kecamatan Cakung, Jakarta Timur, hari pertama rekapitulasi dilakukan empat kelurahan. Empat kelurahan tersebut diketahui memiliki jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak dari kelurahan lainnya.

Sementara untuk target yang diharapkan KPU Jakarta Timur, rekapitulasi kecamatan ditargetkan rampung hingga 17 hari ke depan, dan tiga hari diselesaikan pada tingkat kota.

Walaupun Cakung tercatat memiliki jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) terbanyak se-Jakarta Timur dengan jumlah 1.592 dari tujuh kelurahan, ia menilai pihaknya akan sanggup menyelesaikan sesuai target.

"Sesuai dengan arahan (KPU Jakarta Timur) kami utamakan yang terbesar dahulu, hari ini kami mulai sekira ada empat kelas, karena memang dengan keadaan empat kelas itu yang terbesar di Cakung. Sementara sekarang itu yang pertama Pulogebang, Penggilingan, Jatinegara, dan Cakung Timur," kata Asep, Jumat, 16 Februari.

Asep menjelaskan proses rekapitulasi dilakukan dengan mencocokkan data jumlah suara yang diperoleh sebelumnya dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Kamis, 15 Februari, yang dicatat pada lembar C Plano dan disesuaikan dengan data real time di website Sirekap.

"Kami tetap melakukan secara sistem yang sesuai dengan instruksi KPU Jakarta Timur, kemarin sore kami sudah melakukan zoom dan menjadi dasar adalah C Plano dan kami harap juga dari Sirekap dan itu jadi dasaran kami," katanya.

Diketahui sementara berdasarkan data yang diperoleh dari sirekap pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 1, Anies-Muhaimin unggul sementara dengan perolehan suara 42.088 atau 44,95 persen, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 38.779 suara atau 41,41 persen dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD 12.770 suara atau 13,64 persen.

Hal itu berdasarkan data pada pukul 17.00 WIB dengan progres 1.039 TPS dari 1.591 TPS di Kecamatan Cakung atau 65.30 persen data yang masuk.

Sementara perolehan suara dari tujuh besar DPRD Dapil IV wilayah Kecamatan Cakung, Pulogadung, Matraman DKI Jakarta yang tertinggi berdasarkan Pemilu2024.kpu.go.id sekitar pukul 17.30 WIB berdasarkan 1.126 dari 2,938 TPS dan berkisar 38.33 persen.

Partai PAN total 1.886 suara meliputi dari Syahroni 582 suara, Mukhtar Lutfi 460 suara, Rita Hasan 69 suara, Ardhilla Parama 98 suara, Hj Selvia 75 suara, Aryo Pratomo 218 suara, Indra Buyanti 9 suara, Ir H Rusdy Hasby 18 suara, Purwatiningsih 11 suara, Irma Noprika 13 suara.