Bagikan:

JAKARTA - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud membentuk tim investigasi untuk menelusuri dugaan kecurangan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Nantinya, tim itu akan diisi oleh para pakar.

Pembentukan tim khusus itu merupakan keputusan dari rapat para ketua umum partai pengusung Ganjar-Mahfud.

"Tim khusus ini nantinya akan terdiri dari pakar-pakar, hukum, pakar IT, kemudian juga demografi," ujar Hasto kepada wartawan, Kamis, 15 Februari.

Para pakar itu disebut memiliki kredibilitas atau yang tinggi. Khususnya, dalam mengungkap bukti di balik dugaan terjadinya pelanggaran yang terstruktur.

"Mereka-mereka yang memang punya pengalaman di dalam mengungkapkan bukti-bukti material agar apa yang menjadi ketentuan pelanggaran secara terstruktur," ucapnya.

"Artinya melibatkan suatu kekuasaan, masif itu suatu dengan orkestrasi yang menyeluruh dan sistematis, sistematis dengan orkestrasi yang menyeluruh dan dampaknya adalah masif," sambung Hasto.

Tak hanya itu, pakar yang dilibatkan dalam tim khusus tersebut juga memiliki spirit untuk menjaga demokrasi.

"Berdasarkan analisis terhadap proses, memang ada beberapa elemen-elemen di dalam internal penyelenggara pemilu dan juga pengawas pemilu di dalamnya ada pelemahan-pelemahan secara sistematis pula," kata Hasto.

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud membentuk tim investigasi untuk menelusuri dugaan kecurangan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Nantinya, tim itu akan diisi oleh para pakar.