Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto akan menyarankan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud membentuk tim investigasi kecurangan Pilpres 2024. Pembentukan dirasa perlu karena praktik tersebut terjadi secara masif.

“Kami akan mengusulkan kepada Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud agar dibentuk suatu tim khusus. Tidak hanya terdiri dari tim hukum, kelompok-kelompok ahli hukum, para pakar berkaitan dengan demografi kemudian juga investigasi forensik untuk melihat dari seluruh proses-proses yang ada,” kata Hasto kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Februari.

Hasto belum bilang siapa yang baiknya mengisi tim tersebut. Tapi, dia yakin pihak yang punya ketertarikan untuk menjaga demokrasi di Tanah Air pasti bergabung.

Apalagi, saat ini banyak kelompok masyarakat sipil hingga akademisi dan perguruan tinggi yang menyoroti berbagai kecurangan.

“Artinya memang ada suatu persoalan yang sangat fundamental yang berkaitan dgn legitimasi pemilu, baik itu proses maupun dari hasil pemilu itu sendiri,” tegas Hasto.

Hasto memastikan PDIP bakal terus memantau penghitungan cepat suara Pilpres 2024. Kegiatan ini bakal dilakukan terpusat di kantor pusat partai.

“Proses perhitungan terus dilakukan dan (kami, red) mencermati terhadap berbagai hasil dari quick count yang telah dilakukan,” pungkasnya.