Bagikan:

JAKARTA - Rangkaian firmware Prometheus yang memungkinkan konversi kendaraan lapis baja atau tank apa pun menjadi kendaraan robotik yang dikendalikan dari jarak jauh sedang menjalani uji coba, demikian ungkap High Precision Weapons, produsen sistem dan senjata presisi tinggi di bawah perusahaan negara Rostec Rusia, di sela-sela gelaran 'World Defense Show 2024'.

"Pengembangan rangkaian firmware Prometheus telah selesai dalam cakupan penuh dan rangkaian itu menjalani siklus pengujian lengkap saat ini," ungkap perusahaan itu kepada TASS seperti dikutip 6 Februari.

Laporan sebelumnya mengatakan bahwa rangkaian firmware ini dapat mengubah kendaraan lapis baja beroda atau beroda rantai, pengangkut personel lapis baja, atau tank menjadi mesin robotik.

Rangkaian firmware Prometheus untuk konversi robotik kendaraan lapis baja atau tank akan memberikan peluang kemudi jarak jauh saat mengapung, ungkap High Precision Weapons.

"Rangkaian firmware Prometheus dapat dipasang di setiap spesimen serial material yang ada. Misalnya, pada kendaraan tempur lapis baja BMP-3. Ini memungkinkan fungsi robotisasi pengemudi dan penembak, menjaga ergonomi kursi standar anggota kru dan memberikan kesempatan untuk mengemudikan kendaraan baik dalam kondisi berawak maupun kendali jarak jauh," ungkap perusahaan itu.

"Mesin robotik semacam itu dengan modul tempur apa pun dapat membawa unit senapan motor, melakukan operasi tempur, dan memberikan dukungan tembakan untuk pasukan penyerang, termasuk saat mengapung," tambah perusahaan itu.