Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran di Jatim Capai 60,1 Persen
Capres Prabowo Subianto/DOK Instagram @prabowo

Bagikan:

JAKARTA - Survei terbaru Poltracking Indonesia menunjukkan bahwa elektabilitas Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Jawa Timur mencapai angka 60,1 persen.

“Tren pergerakan elektoral Prabowo Subianto di Jawa Timur konsisten mengalami  kenaikan sejak Juni 2023. Kenaikan signifikan terjadi dari rentang September 2023 ke Januari 2024 (19,5 persen), dalam rentang tersebut Prabowo Subianto dipastikan berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka,” ujar  Poltracking Indonesia dalam paparan hasil survei yang dikutip ANTARA, Selasa, 6 Februari.

Sementara itu, palon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh 17,2 persen. Sedangkan pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 14,9 persen.

Survei bertajuk “Peta Suara Pilpres di Provinsi Penentu: Siapa Pemenang di Jawa Timur?” juga mencatat bahwa tren elektabilitas Anies-Muhaimin cenderung stabil, sementara Ganjar-Mahfud mengalami penurunan.

Kekuatan elektabilitas Prabowo-Gibran tersebar pada pemilih di wilayah Arek, Mataraman, Tapal Kuda, dan Pantura. Adapun pemilih di wilayah Madura kompetitif antara Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran.

Poltracking Indonesia menggelar survei di 11 Daerah Pemilihan (Dapil) DPR RI Jawa Timur terhadap 8.000 responden selama 25–31 Januari. Metode survei adalah stratified multistage random sampling dengan margin of error lebih kurang 1,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pengambilan sampel pada setiap daerah pemilihan memperhatikan keterwakilan seluruh kecamatan yang ada di dapil tersebut dengan tetap mempertimbangkan proporsi daftar pemilih tetap (DPT) di setiap kabupaten/kota.