Bagikan:

JAKARTA - Koordinator Staf Khusus Presiden,  Ari Dwipayana, menekankan Presiden Joko Widodo telah membagikan bantuan kepada masyarakat secara langsung sejak 2014.

"Kegiatan membagikan bansos reguler maupun non reguler dilakukan Presiden sejak 2014, bukan sesuatu yang baru," kata Ari dilansir ANTARA, Jumat, 2 Febuari.

Pernyataan Ari menjawab pertanyaan wartawan alasan presiden belakangan semakin sering membagikan bantuan secara langsung kepada masyarakat.

Menurut Ari, Jokowi memang selalu membagikan bantuan mulai dari Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, hingga Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kredit Usaha Rakyat.

"Jadi hal yang tidak baru membagikan langsung ke masyarakat, karena Presiden ingin berinteraksi dengan masyarakat, ingin mengetahui persoalan serta dekat dan menyapa masyarakat," kata dia.

Mengenai penyaluran bantuan sosial, Ari mengatakan Presiden Jokowi selalu melibatkan menteri terkait untuk mendampingi.

Saat ditanya mengapa Presiden tidak mengajak Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam pembagian bantuan sosial beberapa waktu belakangan, Ari menyebut bantuan sosial yang dibagikan Presiden adalah beras yang berkaitan dengan Badan Pangan Nasional dan Bulog.

"Saya jelaskan kemarin ini bantuan pangan beras terkait cadangan pemerintah terkait tugas dan fungsi Badan Pangan Nasional dan Bulog," kata Ari.