Ditanya Keberadaan Harun Masiku, Mahfud: Kenapa Dia Terus yang Ditanya?
Cawapres Mahfud MD (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD sempat  mendapat pertanyaan terkait keberadaan Harun Masiku dari salah satu peserta diskusi "Tabrak Prof" yang digelar di salah satu kedai kopi di Banda Aceh pada Rabu malam. Harun Masiku saat ini diketahui masih menjadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menjawab pertanyaan tersebut, Mahfud justru balik mempertanyakan mengapa keberadaan Harun Masiku selalu ditanyakan, padahal ada banyak buronan lain yang juga masih diburu.

"Saudara ini sering bertanya tentang Harun Masiku, dia itu sekarang sedang lari, dicari KPK," kata Mahfud.

"Kenapa yang ditanyakan selalu tentang Harun Masiku, yang lari sekarang itu ada lebih dari 15 orang. Saya suruh cari KPK, cari semua, termasuk Harun Masiku," ujarnya.

Mahfud juga menjelaskan tentang posisi KPK. Menurutnya, KPK bukan lembaga legislatif maupun yudikatif, tetapi lembaga penindak hukum pidana yang berada di rumpun eksekutif. Meskipun begitu, Mahfud menegaskan KPK bukan bawahan pemerintah.

"KPK itu independen, dia yang mencari (Harun Masiku)," ujarnya.

Mahfud mengaku tidak tahu keberadaan Harun Masiku. Ia juga meminta masyarakat yang mengetahui keberadaan Harun Masiku untuk melaporkannya agar bisa segera ditangkap.

"Kalau saya ditanya, Harun Masiku di mana? Jangankan saya, kamu pun tidak tahu, tidak ada yang tahu. Kalau ada yang tahu di mana, beritahukan kepada saya, saya suruh tangkap," kata Mahfud.