Bagikan:

JAKARTA - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, M Praswad Nugraha menilai pernyataan Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, seolah memberi kode kepada Harun Masiku yang merupakan buronan kasus suap pergantian antar waktu (PAW).

Alex Marwata diketahui sempat menyatakan keberadaan Harun Mausiku sudah terdeteksi. Bahkan, dalam waktu dekat akan tertangkap.

"Alex seakan memberikan kode kepada Harun Masiku dengan membuat pernyataan semacam itu," ujar Praswad dalam keterangannya dikutip Selasa, 18 Juni.

Tak hanya itu, pernyataan yang disampaikan Alex Marwata justru menghalang-halangi proses penyidikan. Sebab, dengan adanya kalimat tersebut Harun Masiku mengetahui bila tempat persembunyiannya kini tak lagi aman.

"Mengumumkan ke seluruh dunia tentang keberadaan Harun Masiku sudah diketahui, sehingga menghambat kerja-kerja penyidik yang sudah susah payah melakukan identifikasi keberadaan buronan HM," ucapnya.

Bahkan, dengan adanya pernyataan itu pun dianggap KPK bukan tak mampu menangkap Harun Masiku. Tetapi, belum mau meringkus kader PDIP tersebut.

"Memang pimpinan KPK belum mau menangkap Harun Masiku bukan belum mampu," sebutnya.

Praswad yang kini merupakan Ketua IM57+ Institute juga menyampaikan Harun Masiku tak akan pernah tertangkap bila tidak ada pergantian pimpinan. Sebab, upaya menghalangi pencarian selalu terjadi.

"Harun Masiku tidak akan tertangkap kecuali adanya pergantian kepemimpinan KPK karena sesuai pernyataan pertama, Pimpinan tidak berhenti menghalangi. Apabila Harun Masiku ingin betul-betul ditangkap maka langkah pertama adalah memberhentikan Pimpinan KPK saat ini," kata Praswad

Adapun, Alexander Marwata sempat mengungkapkan, saat ini pihaknya terus memeriksa saksi-saksi. Dia berharap, penangkapan Harun Masiku dapat dilakukan dalam seminggu ke depan.

"Kebetulan, mungkin kalau yang bersangkutan posisinya sedang tidak ketahuan, ada informasi, misalnya, sudah terkecoh di Jakarta, kan gitu kan, sehingga ya itulah kemudian, apa, muncul kan pemeriksaan saksi-saksi lagi," ungkapnya.

"Mudah-mudahan saja dalam satu minggu ketangkap. Mudah-mudahan," tambah Alex.

Saat ditanya keberadaan Harun Masiku apakah telah diketahui, Alex menyebut sudah terindikasi oleh penyidik.

"Saya pikir sudah (ada indikasi diketahui lokasi Harun Masiku), (oleh) penyidik," tutupnya.