Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan buronan Harun Masiku terus dikejar. Penyidik sedang mendalami keberadaan penyuap eks Komisioner KPU itu.

Hal ini disampaikan Tim Juru Bicara KPK Budi Prasetyo menanggapi keyakinan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Harun akan ditangkap pekan depan. Pernyataan ini disampaikan setelah melaksanakan rapat dengar pendapat (RDP) di DPR RI pada Selasa, 11 Juni.

“Tim penyidik tentunya masih mengumpulkan dari berbagai informasi dan keterangan dari serangkaian pemeriksaan,” kata Budi kepada wartawan yang dikutip Rabu, 12 Juni.

Budi memastikan penyidik tak hanya mengandalkan kesaksian Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang sudah menjadi saksi pada Senin, 10 Juni.

“Tapi juga informasi dan keterangan dari pemeriksaan saksi-saksi sebelumnya, di antaranya tiga saksi yang telah diperiksa oleh KPK,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menegaskan pencarian Harun Masiku yang masih buron tak terkait dengan urusan politik. Seluruh pimpinan dipastikan tak punya kepentingan.

"Sebenarnya nggak ada hubungannya ya karena kalau dari pimpinan sendiri nggak sampai ke sana. Nggak ada yang menghubungi satu pun pimpinan di antara empat. Dan saya sudah tanya apakah ada perintah dari siapa pun pihak di luar?, 'Nggak ada, Pak Alex'. Ini normatif saja," kata Alexander kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 11 Juni.

Alexander mengungkapkan, saat ini pihaknya terus memeriksa saksi untuk mencari Harun. “Mudah-mudahan saja dalam satu minggu ketangkap. Mudah-mudahan," tegasnya.

Dia menyebut keyakinan ini muncul karena anak buahnya disebut mulai menemukan titik terang. Tapi, Alexander tak mau bicara lebih lanjut.

“Saya pikir sudah (ada indikasi diketahui lokasi Harun Masiku oleh, red) penyidik," tutup Alexander.