Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali merespons pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD yang ingin mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Maju. Hal ini disampaikannya saat kunjungan kerja di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Kamis 1 Februari.

"Ya itu hak dan saya sangat menghargai sekali," ungkap Jokowi kepada wartawan.

Jokowi pun membuka kemungkinan akan bertemu Mahfud pada sore ini. "Nanti sore mungkin ketemu dengan Pak Mahfud," ujarnya.

Sebelumnya, Mahfud MD mengungkapkan keputusannya untuk mundur dari jabatannya sebagai Menko Polhukam di sela-sela agenda kampanye di Lampung Tengah, Rabu siang. Mahfud mengaku sudah membuat surat pengunduran diri untuk diserahkan kepada Presiden Jokowi begitu jadwal bertemu ditentukan.

"Hari ini saya sudah membawa surat untuk disampaikan ke Presiden langsung, tentang masa depan politik saya. Surat ini akan disampaikan begitu saya mendapat jadwal ketemu dengan Presiden, tetapi saya bawa terus karena memang surat ini begitu saya diberi waktu, saya langsung sampaikan surat ini," tuturnya.

Mahfud menilai penting mencari waktu yang tepat untuk menyampaikan secara langsung pengunduran diri sebagai menko polhukam kepada presiden. Alasannya, karena dirinya diangkat Jokowi sebagai menko polhukam dengan kehormatan dan kepercayaan.

"Saya dipercaya oleh beliau dengan sungguh-sungguh dan saya percaya juga kepada beliau menugaskan saya, sehingga saya bekerja dengan hati-hati dan insyaallah baik dalam empat setengah tahun terakhir ini. Insyaallah baik," ujarnya.