Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengunggah foto santap bakso bersama politikus senior PDIP Bambang Wuryanto atau dikenal Bambang Pacul.

Puan dalam unggahannya menulis keterangan ‘laper…3 mangkok…3 gelas…3 saos’ pada Selasa, 30 Januari.

Santap bakso ini ‘mirip-mirip’ latar suasananya dengan santap bakso Presiden Jokowi bersama Prabowo Subianto.

Urusan makan bakso bareng memang jadi sorotan di tengah tensi meninggi Pilpres 2024. Jokowi selepas kegiatan bersama Prabowo di Magelang, Jawa Tengah sebelumnya memilih menyantap bakso satu meja berdua.

Capres Anies Baswedan ditanya wartawan sebelumnya juga ikut berkomentar. Anies berharap bakso yang dimakan berdua oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto rasanya enak.

"Mudah-mudahan baksonya enak ya," kata Anies di Kampung Muka Ancol, Pademangan, Jakarta Utara dilansir ANTARA, Senin, 29 Januari.

Anies mengaku tidak panik, bahkan semakin hari semakin optimistis karena melihat ada banyak masyarakat yang menggabungkan diri dalam gerakan perubahan yang diusungnya bersama calon wakil presiden Muhaimin Iskandar.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu bahkan menerima "saweran" bertajuk "koin perubahan" dari para pendukungnya yang menginginkan perubahan saat menjangkau masyarakat dari 27 kampung di Jakarta yang berkumpul di Kampung Muka Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Senin.

Dari potret "makan berdua" antara Jokowi dan Menhan itu, Anies menyerahkan penilaian sepenuhnya kepada masyarakat.

"Masyarakat silakan memperhatikan, mana yang fokusnya pada perubahan untuk rakyat kebanyakan, mana yang sekadar membicarakan kekuasaan," kata Anies.

 

Sedangkan capres Ganjar Pranowo menilai momen makan bakso antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto makin menunjukkan simbol dukungan.

Diketahui, Presiden Jokowi dan Prabowo yang juga menjadi capres di Pilpres 2024 makan siang dengan menu bakso setelah meresmikan Graha Utama di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah. Keduanya tampak berbincang dalm momen tersebut.

“Ya, saya kira itu simbol yang makin meyakinkan dukungan Pak Jokowi ke mana,” kata Ganjar di Lapangan Merdeka, Ambon, Maluku, Senin, 29 Januari.

Ganjar menilai sebaiknya Presiden Jokowi segera mendeklarasikan dukungannya. Sehingga, tak ada yang lagi salah mengartikan sikapnya tersebut.

Lagipula, Ganjar tak keberatan dengan dukungan itu. “Mungkin habis itu makan soto, habis itu makan gudeg gitu ya, boleh saja,” tegas eks Gubernur Jawa Tengah tersebut.