Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban mengatakan kepada Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg melalui panggilan telepon, Pemerintah Hongaria mendukung keanggotaan Swedia dalam aliansi militer itu, tulisnya di media sosial X.

"Saya menegaskan kembali bahwa Pemerintah Hongaria mendukung keanggotaan NATO Swedia," tulis PM Orban, dikutip dari Reuters 25 Januari.

PM Orban menambahkan, dia juga mengatakan kepada Stoltenberg, dirinya akan terus mendesak majelis nasional Hongaria untuk memberikan suara yang mendukung aksesi Swedia ke NATO, menyelesaikan ratifikasi pada kesempatan pertama.

Stoltenberg mengatakan setelah panggilan telepon tersebut, PM Orban dan pemerintahannya jelas mendukung keanggotaan Swedia di NATO, menantikan ratifikasi segera.

"Saya menantikan ratifikasinya segera setelah parlemen bersidang kembali," tulis Sekjen NATO di X.

Ini menjadi kabar baik bagi Swedia dan aliansi militer itu, setelah sebelumnya Turki dan Hongaria belum menyetujui aksesi Stockholm.

Selasa lalu, Parlemen Turki menyetujui keanggotaan Swedia di NATO. Jika persetujuan serupa diperoleh dari Parlemen Hongaria, Swedia dapat segera bergabung dengan NATO, menyusul Finlandia yang sama-sama mengajukan aksesi usai invasi Rusia ke Ukraina tahun 2022, namun terlebih dahulu disetujui sebagai anggota.