Bagikan:

BEKASI - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menanggapi tudingan calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka yang menyebut Muhaimin Iskandar mendapat contekan dari Thomas Lembong.

Thomas Lembong atau yang akrab disapa Tom Lembong kini merupakan Co-Captain Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN). Dulu, Tom Lembong pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) periode 2016-2019.

Anies menangkap pesan bahwa Gibran rindu dengan Tom Lembong. Mengingat, Tom merupakan salah satu penulis pidato Presiden Joko Widodo. Pidato buatan Tom yang paling menghebohkan adalah analogi film "Game of Thrones" yang dibacakan Jokowi dalam pertemuan IMF Bank Dunia tahun 2018.

"Ya mungkin ada yang kangen sama Tom. Tom itu dulu penulis pidato. Tanyain saja berapa kali nulis pidato," kata Anies usai berkampanye di Stadion Mini Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin, 22 Januari.

Sebelumnya dalam debat, Gibran menilai cawapres nomor urut 01 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tak memahami pertanyaannya sendiri yang diajukan dalam debat keempat malam ini.

Gibran pun menuding Cak Imin mendapatkan contekan pertanyaan dari Co-Captain Timnas AMIN, Thomas Lembong atau Tom Lembon.

“Gus Muhaimin juga tidak paham dengan pertanyaan yang diberikan ke saya mungkin itu kan dapat kontekan dari Pak Tom Lembong,” ujar Gibran dalam debat keempat di JCC, Jakarta, Minggu, 21 Januari.

Menanggapi hal itu, Cak Imin mengaku akan segera melakukan komunikasi dengan Tom Lembong karena nama tersebut disinggung Gibran dalam debat. Menurut Cak Imin, serangan tersebut menunjukkan bahwa Gibran kangen dengan Tom Lembong.

"Sebentar lagi saya mau telepon beliau. Bukan konsultasi, bukan. Tapi ada yang kangen rupanya," Jelasnya usai debat keempat cawapres 2024.