Debat dengan Mahfud MD dan Gus Imin, Gibran Tetap Menghormati Senior
Gibran Rakabuming Raka/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Penampilan Gibran Rakabuming Raka dalam debat calon wakil presiden (Cawapres) dianggap menunjukkan potensi generasi muda Indonesia untuk berperan sebagai pemimpin.

Dalam debat pada Minggu malam, 21 Januari, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Pakar digital Maja Labs Adrian Zakhary memuji penampilan Gibran Rakabuming yang unggul pada semua sesi debat.

“Cawapres 02 Gibran tak diragukan lagi, tentu sangat unggul di semua sesi debat, bagaimana Gibran bisa memberikan berbagai pertanyaan kritis, menjawab dengan solusi tidak hanya jangka pendek tapi jangka panjang,” ucap Adrian, kepada VOI, Minggu 21 Januari.

Adrian juga menyatakan kualitas Gibran Rakabuming yang tidak hanya pandai berbicara, namun juga unggul secara action dan konsisten.

“Debat Cawapres malam ini menunjukkan kualitas anak muda yang tidak hanya pandai berbicara, melainkan unggul dalam action, kritis, konsisten dan hilirisasi,” sambungnya.

Bagi Adrian, salah satu kunci kemajuan bangsa adalah hilirisasi. Kemampuan Gibran Rakabuming dalam memaparkan visi-misinya dalam debat juga merupakan sebuah nilai tambah baginya, dimana dirinya bersaing dengan senior seperti Cak Imin dan Mahfud MD.

“Dan satu lagi, anak muda tetap memberikan respect kepada senior dimana Prof Mahfud dan Cak Imin, meskipun berdebat tapi tetap menghargai dan memohon maaf jika kurang berkenan, saya rasa ini sikap Kesatria seorang Gibran.” ungkapnya.

Bagi Adrian, penampilan Gibran Rakabuming Raka dalam debat calon wakil presiden membuktikan kapasitasnya sebagai pemimpin muda yang tangguh.

Dengan kemampuan berkomunikasi yang jernih dan penuh substansi, Gibran tidak hanya menunjukkan keunggulannya dalam memberikan respons yang terstruktur dan solusi jangka panjang. Namun, kata Adrian, juga menghormati sesama peserta debat, menegaskan pentingnya hilirisasi dalam kemajuan bangsa.

Adrian juga menuturkan, penampilan ini menandai transformasi generasi muda Indonesia dalam kancah politik, di mana mereka mampu berperan aktif dan memberikan kontribusi signifikan.

Kehadirannya di panggung debat bukan hanya sebagai peserta, tetapi sebagai simbol harapan dan kemajuan, mendorong hilirisasi sebagai kunci utama pembangunan nasional.

Debat Cawapres Pemilu 2024 berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu, 21 Februari 2024. Enam subtema perdebatan terdiri dari pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa menjadi topik persaingan antara Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming, dan Mahfud MD.