Status Gunung Marapi Naik Siaga, Bupati Minta Camat di Tanah Datar Antisipasi Hal di Luar Dugaan
Ilustrasi. Gunung Marapi mengeluarkan abu vulkanik terlihat dari Nagari Bukik Batabuah, Agam, Sumbar, Senin 8 Janurai 2024 malam. (ANTARA FOTO-Iggoy el Fitra)

Bagikan:

SUMBAR - Bupati Tanah Datar Eka Putra meminta wali nagari dan kepala kecamatan (camat) di wilayahnya untuk mengantisipasi hal di luar dugaan mengingat status Gunung Marapi naik dari Level II Waspada ke Level III Siaga.

Eka menyampaikan daerah radius 4,5 km dari puncak gunung di Sumatera Barat (Sumbar) itu memiliki potensi bahaya yang tinggi. Dia mengimbau masyarakat tidak beraktivitas dalam radius tersebut.

"Kami sudah sampaikan kepada wali nagari dan camat yang berada di sekitaran Gunung Marapi agar ikut mengingatkan warga untuk tidak melakukan aktivitas pada radius 4,5 km dari Gunung Marapi dan segera mempersiapkan antisipasi terhadap hal yang berada di luar dugaan," ujarnya di Batusangkar, Tanah Datar, Sumbar, Rabu 10 Januari, disitat Antara.

Naiknya status berdasarkan laporan Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) ini juga berpotensi berdampak pada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai berhulu dari Gunung Marapi.

Eka pun mengimbau agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar dingin yang mungkin terjadi, terutama saat musim hujan.

"Saat ini curah hujan masih tinggi karena itu potensi banjir atau banjir bandang lahar dingin dari sungai yang berhulu di Gunung Marapi juga ada. Tetap waspada," ujarnya.

Lebih jauh, Eka menginstruksikan kepada para camat dan wali nagari serta seluruh perangkat daerah di Tanah Datar untuk saling bersinergi, kompak, dan mengkaji kondisi terburuk, serta rencana kontingensi bencana Gunung Marapi.

"Saya memohon kepada seluruh imam masjid, para da'i, dan ulama, agar selalu memandu doa agar kita terhindarkan dari bahaya ancaman letusan Gunung Marapi," katanya.

Kabupaten Tanah Datar merupakan salah satu daerah di Sumbar yang sebagian wilayahnya berada di kaki Gunung Marapi.

Sebelumnya PVMBG Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan status Gunung Marapi naik dari Level II Waspada menjadi Level III Siaga) terhitung 9 Januari 2024 pukul 18.00 WIB.