Kritisi Jawaban Prabowo, Mahfud MD: Data Alutsista Bukan Rahasia Negara
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dalam debat pilpres ketiga, Minggu 7 Januari. (dok. VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud Md menyebutkan data alat utama sistem persenjataan atau alutsista yang menjadi topik debat ketiga Pilpres 2024 bukan termasuk rahasia negara.

"Ndak ada dari pertanyaan (selama debat) itu yang harus mengungkap rahasia negara. Itu bisa dibuka di publik karena bukan soal strategi pertahanan. Itu kan soal alutsista, enggak bisa dibicarakan di ruang tertutup," kata Mahfud ketika ditemui usai Sidang Kabinet Paripurna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 9 Januari, disitat Antara,

Secara tidak langsung, Mahfud mengkritisi jawaban calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto yang mengusulkan agar data soal alutsista dibahas dalam forum terpisah ketika hal itu ditanyakan oleh capres nomor urut 1 Anies Baswedan maupun capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat debat ketiga Pilpres 2024.

"Kalau (dibicarakan) di ruang tertutup namanya rembukan, bukan debat," tutur Mahfud.

Sebagai menteri pertahanan pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid awal tahun 2000-an, Mahfud mengklaim dirinya sangat memahami apa saja informasi yang termasuk rahasia negara dan mana yang bukan rahasia negara.

"Rahasia negara itu, misalnya intelijen, strategi penyerangan. Kalau bicara soal anggaran atau situasi, itu kan bukan rahasia. Kalau saya ya, kan saya mantan menhan juga, saya tahu mana undang-undang yang (soal) rahasia (data negara)," tutur Mahfud.

Lebih lanjut, Mahfud menilai penyelenggaraan debat ketiga Pilpres 2024 sudah bagus.

Dia pun mengaku tidak sependapat dengan Presiden Joko Widodo yang menyebut debat ketiga lebih menyerang antarpersonal, bukan pada substansi visi dan misi masing-masing capres.

"Ya mungkin (terlalu personal) kalau penilaian presiden. Kalau saya sih enggak," kata Mahfud.