Bagikan:

JAKARTA - Pihak keluarga Rizal Ramli, Yosef Sampurna Nggarang mengatakan mantan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Rizal Ramli telah menjalani perawatan sejak satu bulan yang lalu.

“Terkait pertanyaan teman-teman sakit dan apa itu? Memang, beliau pernah dioperasi.” kata Yosef di Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan, Rabu, 3 Januari

“Beliau tidak terlalu peduli (dengan penyakitnya), dia setia pada visi. Sehingga sakit itu tidak terlalu peduli (dipikirkan-red). Akhirnya satu bulan yang lalu beliau memutuskan untuk(minta-red) dirawat dan sekaligus istirahat,” sambungnya.

Menurut Yosef, saat almarhum berjuang dengan penyakitnya, itu adalah waktu luang bagi Rizal Ramli untuk dekat dengan keluarga.

“Berkesempatan dekat dengan keluarga. Itu intinya. Jadi selama satu bulan ini, kalau teman-teman bertanya kemana bang Rizal? Betul, dirawat dan itu kesempatan untuk dekat dengan keluarga,” ucapnya.

Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa 2 Januari 2024 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta pukul 19.30 WIB.

Melalui keterangan tertulis yang diterima VOI, Rizal Ramli meninggalkan tiga orang anak yakni Dhitta Puti Sarasvati Ramli, Dipo Satria Ramli, dan Daisy Orlana Ramli. Serta meninggalkan menantu yaitu Fandra Febriand, Dina Arumsari dan Daniel Kirschen.

Selain itu, Almarhum juga meninggalkan dua orang cucu yakni Anabel Asmara Ramli dan Anakin Lazuardi Ramli.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya," kata pihak keluarga.