Jaga Perbatasan, Polda Metro Bakal Putar Balik Konvoi Kendaraan Arah Jakarta
Ilustrasi rekayasa lalu lintas (lalin) jelang perayaan Tahun Baru. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal menjaga titik-titik perbatasan wilayah Jakarta menjelang malam pergantian tahun baru 2024. Tujuannya, menindak para pengendara yang akan melakukan konvoi.

"Nanti kita akan melakukan beberapa titik, bukan penyekatan tapi pengalihan," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Jumat, 29 Desember.

Penindakan yang akan dilakukan bukan berupa penilangan. Tetapi, kendaraan yang membawa massa untuk konvoi akan diputar balik.

Cara ini dilakukan guna mencegah terjadinya gesekan atau konflik antar kelompok saat konvoi merayakan pergantian tahun.

"Kegiatan masyarakat yang sekiranya itu akan menggagu aktifitas kegiataan masyarakat lainnya seperti konvoi, bak terbuka akan kita putar balikkan," sebutnya.

Latif merinci, beberapa titik perbatasan yang nantinya akan dijaga seperti wilayah Kalimalang. Lokasi ini kerap digunakan pengendara dari arah Bekasi menuju Jakarta.

Kemudian, di PGC untuk mengantisipasi dari arah Bogor. Pun di wilayah Pasar Rebo, Jakarta Timur.

"Begitu juga dari arah Lenteng Agung Depok juga akan kita lakukan penempatan personel untuk megantisipasi masyarakat yang tidak tertib lalu lintas, akan kita putar balikkan. Begitu juga dari Tangerang dari Daan Mogot akan kita tempatkan personel di situ," ungkapnya.

Rencananya, skema ini akan mulai diterapkan pada pukul 16.00 WIB. Harapnya, masyarakat merayakan pergantian tahun di kota masing-masing.

"Artinya masyarakat beraktifias di masing-masing kota, harapan kita demikian. Jadi orang Tangerang ya di Tangerang, orang Bekasi ya di Bekasi, orang Depok ya Depok. Harapannya itu, jadi tidak tumpah ruah berada di Jakarta," kata Latif.