Angkat Masalah Stunting, Uskup Agung Jakarta Sentil Orang Tua yang Biarkan Anaknya Kurang Gizi demi Bansos
Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo (dok. Istimewa).

Bagikan:

JAKARTA - Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, mengangkat masalah stunting usai pelaksanaan Ibadah Misa Natal di Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, pada Senin 25 Desember 2023.

Dirinya mengatakan pada saat berkunjung ke wilayah Cilincing dan Tanjung Priok, ia menemukan seseorang bernama Petrus yang bertanggung jawab dan melayani wilayah itu.

Ignatius Kardinal menyebut di lapangan menemukan kasus stunting, tetapi orang tua membiarkan anaknya kurang gizi demi mendapatkan bantuan sosial (bansos).

"Ternyata stunting itu tidak mudah. Ternyata tidak sedikit dalam penemuan-penemuan itu, keluarga-keluarga itu sengaja tidak memberikan bantuan makanan yang semestinya untuk anak-anak stunting kepada yang berhak," kata Ignatius kardinal di Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, pada Senin 25 Desember 2023.

"Alasannya supaya anak-anak itu tetap stunting, tetap kurus, tetap kurang gizi, agar bantuan macam-macam bantuan sosial masih diterima," lanjut Kardinal.

Uskup Agung Jakarta itu menyarankan solusi untuk mengatasi stunting itu bukan hanya menyediakan makanan saja, tetapi juga harus diiringi dengan pendidikan dan pembinaan.

Sekadar informasi, stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak. Banyak yang tidak menyadari bahwa tinggi-pendeknya anak bisa menjadi tanda adanya masalah gizi kronis.