Wakil Walkot Makassar Fatmawati Rusdi Dorong Masyarakat Rutin ke Posyandu Cegah Stunting
Wawali Makassar Fatmawati Rusdi/ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mendorong dan mengajak masyarakat utamanya ibu rumah tangga yang memiliki anak balita untuk rutin ke Posyandu sebagai upaya pencegahan stunting.

"Ini perlu perhatian dan kepedulian orang tua agar bisa melihat tumbuh kembang anaknya, apakah sudah sesuai dengan perkembangan usia dan berat badannya serta pemenuhan gizinya," kata Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi di Puskesmas Kassi-Kassi dikutip Antara, Jumat, 5 November.

Menurut dia, meski pemerintah terus berusaha menekan angka stunting, tetapi di sisi lain orang tua tidak mau memeriksakan kondisi gizi anaknya, sehingga  semakin mempersulit keadaannya nanti.

Fatmawati Rusdi meminta  ibu-ibu yang hadir di Puskesmas setempat agar memperhatikan peran orang tua di masa usia emas anak-anak.

"Yakin dan percayalah jika anak seringkali mencontoh kebiasaan ibunya. Oleh karenanya, usia emas anak dari 0-5 tahun tolong diberikan edukasi yang baik serta fokus pula pada perkembangan fisiknya," papar Fatma.

Selain itu, tim tenaga kesehatan yang bertugas di Posyandu agar senantiasa memberikan edukasi terkait kesehatan dan pemenuhan gizi bagi anak kepada warga sekitar Posyandu.

"Ibu-ibu, Posyandu itu fungsinya memberikan imunisasi bagi anak dan juga melihat grafik pertumbuhannya. Jika di rasa kurang atau tidak sesuai akan diberikan makanan ataupun vitamin tambahan. Jadi, jangan tunda apalagi abai untuk tidak mengunjungi Posyandu," ucapnya di Puskesmas.

Kendati demikian, definisi stunting bukan karena kekurangan tinggi badan, tapi kekurangan gizi. Tinggi badan tentunya dipengaruhi salah satunya genetik orang tuanya, dan bukan disebabkan stunting.

"Pendek itu bukan berarti stunting. Bisa jadi karena genetika. Tapi lebih baik mencari tahu pada ahlinya dari pada mengira-ngira saja. Maka dari itu ayo kita rajin ke Posyandu," ujar Istri Legislator DPR RI, Rusdi Masse ini.

Pihaknya pun optimistis, program zero stunting di Kota Makassar akan terus digalakkan, salah satunya mengajak para ibu rumah tangga rutin memeriksakan anaknya ke Posyandu.

Selain mengunjungi Puskesmas Kassi-kassi, Wawali juga mendatangi Puskesmas Ballaparang dan Mangasa.