Sambut Natal 2023, 2.000 Orang Diprediksi Bakal Melintas Perbatasan RI-Timor Leste via Mota Ain NTT
Suasana ramainya pelintas batas di PLBN Mota Ain, Kabupaten Atambua. ANTARA/Kornelis Kaha

Bagikan:

NTT - Kantor Imigrasi Atambua di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memprediksi sebanyak 1.500 orang bakal melewati Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota Ain saat liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala Kantor Imigrasi Atambua Indra Maulana D mengatakan pihaknya memprediksi sekitar 2.000 orang melintas setiap harinya di momen libur akhir tahun ini.

"Kami prediksi jumlah pelintas batasnya akan meningkat jelang Natal dan Tahun Baru ini," katanya saat konferensi pers Kanwil Kemenkumham NTT di Atambua, Kabupaten Belu, Kamis 21 Desember, disitat Antara.

Dia mengatakan bahwa jumlah pelintas batas negara lebih tinggi di PLBN Mota Ain jika dibandingkan dengan dua PLBN lainnya baik Wini dan juga PLBN Motamasin.

"Sampai dengan Rabu kemarin jumlah pelintas batas di PLBN Mota Ain mencapai 1.100 orang," ujar dia.

Sementara di PLBN Wini berjumlah 150 pelintas batas, dan PLBN Motamasinnya berjumlah 110 pelintas batas. Diperkirakan total pelintas batas di ketiga PLBN itu pada Rabu 20 Desember, mencapai 1.350 orang per hari.

Dia menambahkan bahwa meningkatnya pelintas batas di PLBN Mota Ain tidak hanya berasal dari WNA dari Timor Leste, tetapi juga WNI yang hendak berkunjung ke Timor Leste.

Hal ini karena hubungan budaya serta kekeluargaan antara masyarakat di Pulau Timor khususnya Atambua masih terjalin dengan baik, sehingga hampir setiap hari jelang Natal selalu ada saja WNA atau WNI yang melintas karena urusan keluarga.

Tak hanya itu, banyak juga mahasiswa dari Timor Leste yang mengenyam pendidikan di sejumlah universitas di Kota Kupang, sehingga saat liburan Natal dan Tahun Baru 2024 kembali ke Timor Leste untuk berkumpul bersama keluarga mereka.