Bagikan:

BOGOR - Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru) mendatang, Satuan Lalu Lintas atau Satlantas Polres Bogor akan menerapkan 3 macam rekayasa lalu lintas di Jalur Puncak yang akan diberlakukan selama liburan berlangsung.

KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto mengatakan penerapan rekayasa lalu lintas ini akan dilakukan di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor mulai Jumat, 22 Desember 2023 hingga Selasa, 2 Januari 2024 mendatang.

"Yang pertama menerapkan rakayasa lali lintas sistem ganjil-genap yang biasa kita lakukan di Jalur Puncak sesuai dengan amanah Permenhub no 84 tahun 2001,” kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto pada Rabu, 20 Desember.

Tidak hanya penerapan ganjil-genap (gage) tang akan dilakukan melainkan akan ada Contra flow dan rekayasa one way yang juga akan diberlakukan guna meminimalisir terjadinya penumpukan volume kendaraan.

"Jadi yang pertama (gage) untuk mengantisipasi seiring dengan tanggal 22 sudah dimulai dengan operasi lilin. Tentunya kekuatan personel kan bertambah yaitu adanya pos pengamanan pada saat libur nataru,” jelasnya.

Selain itu akan ada sedikitnya 4 posko siap siaga yang tersebar di beberapa titik, lokasi tersebut dapat dijadikan tempat istirahat serta menjadi lokasi bantuan bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ardian juga menjelaskan Satlantas Polres Bogor akan menurunkan sedikitnya 86 personel untuk penjagaan tersebut serta perbantuan dari SKPD lainnya.

"Satlantas Polres Bogor pada saat libur panjang tersebut kami menurunkan full 86 personel ditambah dengan Samapta Polres Bogor dan dari personel-personel yang ada di pos pengamanan yang ada di pos keamanan Puncak,” tandasnya.