Bagikan:

JAKARTA - Menjelang libur akhir tahun pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, terminal bus Kampung Rambutan di Jakarta Timur mulai didatangi para calon pemudik, Senin, 18 Desember. Sejak Senin pagi, terlihat adanya lonjakan para penumpang bus AKAP tersebut.

Petugas Pengendali Terminal Bus Antar Kota Kampung Rambutan, Jumali mengatakan, peningkatan penumpang sudah terjadi sejak Sabtu dan Minggu kemarin, 17 Desember. Peningkatan penumpang sudah ada 30 persen.

"Kemarin di Sabtu dan Minggu, itu ada peningkatan sekitar 30 persen. Untuk hari ini, belum ada peningkatan," kata Jumali, Senin, 18 Desember.

Jumali mengatakan, adapun jumlah penumpang pada Sabtu berkisar 731 penumpang. Sementara pada Minggu, sekitar 682 penumpang yang berangkat dari terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Rata-rata keberangkatan para penumpang dari Terminal Kampung Rambutan mayoritas menuju ke Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sumatra.

Jumali merinci untuk Jawa Tengah dengan tujuan Wonosobo, Tegal dan Pekalongan. Sementara Jawa Barat keberangkatan Tasik, Bandung, Banjar, Garut dan Sumedang.

"Untuk Sumatera juga ada peningkatan. Diprediksi H-3 atau H-4, mungkin juga ada peningkatan," katanya.

Jumali juga menambahkan, bahwa pihaknya sejak besok sudah mempersiapkan posko layak jalan dari Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB), di mana pihaknya akan melakukan pemeriksaan kendaraan yang akan ingin berangkat

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga akan menyiapkan Posko Kesehatan untuk penumpang dan pengemudi yang mau berangkat mudik.