Bagikan:

JAKARTA - Beragam bentuk aktivitas, termasuk yang minim sekalipun, dapat memberikan manfaat lebih bagi kesehatan jantung dibandingkan hanya duduk diam, menurut penelitian terbaru.

Hasil studi terbaru menunjukkan, mengganti duduk dengan olahraga dalam waktu singkat dapat memberikan manfaat kardiovaskular yang signifikan, menyoroti bahaya gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan manfaat dari aktivitas fisik sederhana.

Didukung oleh British Heart Foundation dan dipublikasikan dalam 'European Heart Journal', penelitian ini mengevaluasi dampak berbagai aktivitas terhadap kesehatan jantung.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 15.000 peserta dari lima negara berbeda yang memakai perangkat pelacak aktivitas.

Bukti menunjukkan, melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat selama empat hingga 12 menit setiap hari dapat meningkatkan kadar kolesterol, membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengecilkan ukuran pinggang.

"Kesimpulan besar dari penelitian kami adalah, meskipun perubahan kecil pada cara Anda bergerak dapat berdampak positif pada kesehatan jantung, namun intensitas gerakan itu penting,” kata Jo Blodgett dari University College London, yang memimpin penelitian tersebut, dilansir dari The National News 12 Desember.

"Perlu dicatat, manfaat kesehatan jantung kemungkinan besar akan terlihat setelah mengganti beberapa menit waktu duduk atau duduk dengan aktivitas sedang hingga berat," lanjut Dr. Blodgett kepada The National.

aktivitas manusia
Ilustrasi. (Unsplash/Dovile Ramoskaite)

"Namun, untuk mencapai manfaat yang sebanding dengan berdiri atau aktivitas ringan, diperlukan penggantian satu hingga tiga jam tergantung pada hasilnya," lanjutnya.

Lebih jauh Dr. Blodgett menganjurkan aktivitas yang meningkatkan detak jantung, seperti jalan cepat atau menaiki tangga, meski hanya dalam waktu singkat.

Penelitian menunjukkan, mengganti enam menit duduk dengan olahraga dapat memperbaiki kadar kolesterol, sedangkan mengganti 30 menit dapat mengurangi berat badan.

Misalnya, seorang wanita berusia 54 tahun, dengan indeks massa tubuh rata-rata dapat mengalami pengurangan lingkar pinggang sebesar 2,5 cm dengan mengganti 30 menit duduk dengan olahraga sedang hingga berat setiap hari.

"Semua data diukur pada satu titik waktu dalam keenam penelitian (yaitu cross-sectional), dan kami memodelkan bagaimana mengubah satu perilaku dengan perilaku lainnya – sambil menjaga perilaku lainnya tetap konstan – akan berdampak pada hasil," jelas Dr. Blodgett.

Studi tersebut menyajikan hierarki aktivitas yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Olahraga sedang hingga berat adalah yang paling efektif, diikuti olahraga ringan, berdiri dan terakhir, tidur.

Bahkan, perubahan sederhana seperti menggunakan meja berdiri atau berjalan saat menelepon, dapat membuat perbedaan.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa sedikit penyesuaian pada rutinitas harian Anda dapat menurunkan kemungkinan Anda terkena serangan jantung atau stroke," kata Direktur Medis BHF James Leiper.

Dia menyarankan untuk memasukkan "camilan aktivitas" atau gerakan singkat ke dalam keseharian untuk membangun kebiasaan gaya hidup aktif.