Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani, bicara soal evaluasi debat calon presiden perdana pada Selasa, 12 Desember, malam lalu.

Tak banyak bicara, Muzani menganggap performa Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto sudah sangat apik.

"Evaluasi dari TKN mengatakan bahwa perdebatan yang dilakukan oleh paslon nomor urut 2 dalam hal ini calon presiden Prabowo Subianto top markotop," ujar Muzani di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Desember.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumpulkan tim pemenangan atau kampanye pasangan calon presiden-wakil presiden untuk mengevaluasi jalannya debat perdana pada Selasa, 12 Desember.

“Besok rencana KPU akan mengundang tim pasangan calon untuk mengevaluasi debat pertama, di mananya besok ya,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, dikutip dari Antara.

Hasyim mengaku tahu dan mendengar sejumlah komentar dan pertanyaan yang berkembang di masyarakat usai debat perdana calon presiden-wakil presiden. Namun dia tak dapat menyampaikan apapun sebelum dievaluasi bersama.

Adapun beberapa isu yang disinggung perihal cawapres pendamping yang dianggap mengompori pendukung yang hadir, konsep dan format debat, batas waktu, hingga konsekuensi bagi pendukung yang hadir langsung namun memantik kegaduhan.

Selain itu, Hasyim juga ingin meluruskan perihal debat capres yang menampilkan ketiga kandidat berdiri tanpa meja atau benda di sekitarnya. Menurutnya, tak ada alasan khusus soal itu karena yang menjadi poin dalam kegiatan ini debat adu gagasan para kontestan.

“Yang penting debat atau ada mejanya? yang penting ada debatnya kan, saya kira begitu saja, ada meja tidak ada meja ya sudah, nyatanya mereka bertiga happy, kuat berdiri lama, itu untuk meyakinkan rakyat kita bahwa presiden kita kuat semua, sehat semua tahan berdiri,” katanya.