TKN Sebut Aksi Gibran Tanya Singkatan SGIE di Debat Cawapres Kesalahan Moderator
Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran Hasan Nasbi /FOTO: Abdul Aziz Masindo-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menyebut pertanyaan Gibran Rakabuming Raka soal singkatan SGIE hingga jadi sorotan dalam debat cawapres merupakan kesalahan moderator.

Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran Hasan Nasbi menilai, seharusnya moderator debat memberikan kesempatan kepada Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk bertanya kepada Gibran mengenai kepanjangan SGIE.

"Sebenarnya yang salah menurut saya moderator karena tidak memberi kesempatan untuk cak Imin menjawabnya, karena jatahnya dipotong. Problemnya menurut saya bukan problem mas Gibran, bukan problem Cak Imin," kata Hasan di Sekber Relawan Prabowo-Gibran di Palmerah, Jakarta Barat, Kamis 4 Januari.

Hasan pun percaya Gibran akan menjelaskan istilah-istilah termasuk kepanjangan dari SGIE tersebut pada saat debat.

"Mas Gibran pun kalau ada istilah-istilah tertentu akan dia jelaskan. Tapi kan kemarin sebenarnya buat saya bukan salah mas Gibran, sebenarnya sudah benar pertanyaannya, dan Cak Imin sudah benar cara menanggapi 'itu apa?',"  jelas Hasan.

Diketahui SGIE atau State of the Global Islamic Economy menjadi perbincangan publik dalam beberapa waktu terakhir, SGIE menjadi materi yang ditanyakan oleh Gibran yang kemudian untuk dijawab oleh Cawapres Muhaimin Iskandar pada debat cawapres 22 Desember lalu.

Sementara itu, hal tersebut menjadi bahan evaluasi debat capres dan cawapres mendatang, seperti singkatan, mikrofon, bahasa asing termasuk peran moderator dalam debat.