Kehilangan Penglihatan karena Sengatan Listrik 7.000 Volt, Veteran Ini Jadi yang Pertama Jalani Transplantasi Mata
Ilustrasi operasi. (Unsplash/Piron Guillaume)

Bagikan:

JAKARTA - Veteran militer Amerika Serikat ini menjadi orang pertama di dunia yang menjalani penggantian seluruh mata secara utuh, serta transplantasi wajah di dunia, usai kecelakaan listrik tegangan tinggi yang menyebabkannya kehilangan lengan dan luka parah di wajah.

Aaron James (46) dari Arkansas, sedang bekerja di kabel listrik ketika wajahnya secara tidak sengaja menyentuh kabel listrik berkekuatan 7.200 volt, menyebabkan kerusakan parah.

Tim bedah dari NYU Langone Health di New York, Amerika Serikat telah mengubah penampilan James setelah ia menderita luka parah pada mata kiri dan lengan kirinya, seluruh hidung dan bibir, gigi depan, area pipi kiri serta dagu hingga ke tulang.

Hebatnya, para ahli bedah tidak hanya mampu merekonstruksi wajahnya, mereka juga berharap penglihatannya dapat dipulihkan seiring aliran darah mulai kembali ke retina, enam bulan setelah prosedur awal yang memakan waktu 21 jam bulan lalu.

"Aaron sangat termotivasi untuk mendapatkan kembali fungsi dan kemandiriannya yang hilang setelah cedera," kata Dr. Eduardo Rodriguez, direktur Program Transplantasi Wajah NYU Langone Health, dilansir dari The National News 5 Desember.

"Kami tidak bisa meminta pasien yang lebih sempurna. Pencapaian ini menunjukkan kapasitas kami untuk menghadapi tantangan tersulit dan mendorong kemajuan berkelanjutan di bidang transplantasi dan seterusnya," lanjutnya.

Sebelumnya, tim medis di NYU Langone menangani kasus ini dua bulan setelah kecelakaan pada Juni 2021, selama pekerjaan rekonstruksi wajah awal di pusat medis Texas tempat James dirawat.

Ahli bedah harus mengangkat mata kirinya karena sakit parah. Mereka memotong saraf optik sedekat mungkin dengan bola mata untuk memaksimalkan peluang keberhasilan transplantasi mata.

Mata kiri yang ditransplantasikan telah menunjukkan tanda-tanda kesehatan, termasuk aliran darah langsung ke retina, area di belakang mata yang menerima cahaya dan mengirimkan gambar ke otak.

"Mengingat Aaron memerlukan transplantasi wajah dan akan tetap mengonsumsi obat imunosupresif, rasio risiko versus imbalan dari transplantasi mata sangat rendah," terang Dr. Rodriguez.

"Fakta bahwa kita berhasil melakukan transplantasi seluruh mata pertama dengan wajah merupakan prestasi luar biasa, yang telah lama dipikirkan banyak orang dan tidak mungkin dilakukan," sambungnya.

"Kami telah mengambil satu langkah besar ke depan dan membuka jalan bagi babak berikutnya untuk memulihkan penglihatan," tandasnya.

Meskipun transplantasi kornea relatif umum, dengan ribuan dilakukan di AS setiap tahunnya, keberhasilan transplantasi seluruh mata untuk memulihkan penglihatan masih sulit dipahami karena sifat kompleks dari organ tersebut.

Tantangannya termasuk regenerasi saraf, penolakan kekebalan dan aliran darah retina.

Karena mata terhubung erat ke otak melalui saraf optik, yang merupakan bagian dari sistem saraf pusat dan bertanggung jawab untuk mengirimkan informasi visual ke otak, ini adalah prosedur yang rumit.

Membangun kembali koneksi saraf ini dengan sukses, merupakan persyaratan mendasar untuk transplantasi seluruh mata guna memulihkan penglihatan dan salah satu tantangan terbesarnya.

James berada dalam daftar tunggu transplantasi selama tiga bulan, sebelum donor yang cocok ditemukan di New York.

"Pahlawan donor adalah seorang pria muda berusia tiga puluhan yang berasal dari keluarga yang sangat mendukung donasi organ," ungkap Leonard Achan, kepala eksekutif LiveOnNY, organisasi pengadaan organ untuk wilayah metropolitan New York.

"Dia menyumbangkan jaringan yang mengarah pada keberhasilan transplantasi wajah dan mata ini, tetapi juga menyelamatkan tiga orang lainnya yang berusia antara 20 dan 70 tahun, dengan menyumbangkan ginjal, hati, dan pankreasnya," kata Achan.

Diharapkan, pencapaian terobosan ini dapat membuka kemungkinan-kemungkinan baru untuk kemajuan masa depan, dalam pengobatan penglihatan dan bidang medis terkait.