Kasus Covid-19 di Jakarta Naik, Kelompok Rentan Lansia Diminta Lengkapi Vaksinasi Dosis 4
Ilustrasi vaksinasi (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengimbau lansia yang berusia 50 tahun ke atas untuk menyelesaikan empat dosis vaksin Covid-19. Hal ini guna mengurangi risiko penularan virus yang mengalami peningkatan signifikan sejak bulan November 2023.

"Kami mengharapkan agar warga lanjut usia di atas 50 tahun segera melengkapkan vaksinasi dengan empat dosis," ujar Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI, Ngabila Salama, Jumat 8 Desember.

Ngabila menjelaskan bahwa kelompok lansia tersebut termasuk dalam kategori yang memiliki risiko tinggi mengalami kondisi serius jika terinfeksi Covid-19, sehingga penting untuk melengkapi vaksinasi demi meningkatkan daya tahan tubuh.

"Pralansia di atas 50 tahun termasuk orang yang berpotensi mengalami keparahan karena adanya penyakit komorbid. Oleh karena itu, vaksinasi empat dosis perlu dilakukan," tambah Ngabila.

Dinkes DKI melaporkan adanya peningkatan kasus positif Covid-19 di Jakarta sejak bulan lalu, dengan lonjakan yang tercatat sejak 13 November 2023.

Hingga 3 Desember 2023, angka kasus positif Covid-19 melonjak sebanyak 30 hingga 40 persen dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Meskipun begitu, Ngabila tidak memerinci angka kenaikan kasus secara spesifik.

"Pada bulan November, terjadi peningkatan sebanyak 22 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yaitu Oktober," ungkap Ngabila.

Ngabila menyatakan bahwa Indonesia telah memasuki fase endemi Covid-19 sejak Juni 2023. Meskipun terjadi peningkatan kasus di DKI Jakarta, situasinya masih terkendali dengan tidak adanya peningkatan signifikan dalam jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit.

"Masyarakat diingatkan untuk tetap tenang dan terus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat," pungkas Ngabila.