Adang Daradjatun Dorong Mahasiswa Jadikan Donor Darah Sebagai Gaya Hidup
Adang Daradjatun mengajak mahasiswa untuk rajin mendonorkan darah dan menjadikannya sebagai gaya hidup. (IST)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI, Adang Daradjatun mengajak mahasiswa untuk menjadikan donor darah sebagai sebuah gaya hidup positif yang harus terus dijalankan.

"Saya berharap kegiatan donor darah bisa dijadikan kebiasaan dan gaya hidup baru yang positif bagi mahasiswa, sebagai generasi muda. Saya melihat masih banyak mahasiswa dan generasi muda yang enggan atau takut untuk berdonor darah. Padahal donor darah itu banyak manfaat yang kita dapati," ujar Adang saat acara donor darah di Fakultas MIPA, UI Depok, Jawa Barat, Rabu 6 Desember.

Dijelaskan Politisi dari Fraksi PKS ini bahwa setetes darah yang didonorkan, selain bisa membantu jutaan manusia lainnya, juga bisa menyehatkan Individu itu sendiri. Karena saat donor darah terjadi regenerasi sel-sel darah baru yang pada akhirnya menyehatkan tubuh individu pendonor itu sendiri.

Oleh karena itu Adang yang juga sebagai Ketua umum PDDI (persatuan donor darah Indonesia), bersama dengan Srikandi Perempuan Donor Darah Indonesia (SPDDI), bekerjasama dengan Dekan dan staff pengajar F-MIPA dan BEM F-MIPA UI, serta PMI DKI Jakarta, mendatangi fakultas MIPA-Universitas Indonesia untuk mengedukasi mahasiswa agar tidak takut dan ragu mendonorkan darahnya. Hingga akhirnya target 300 kantung darah dalam acara Goes To Campus, Setetes Darah Berjuta Harapan itu dapat tercapai.

Sementara itu Ketua Umum Srikandi Perempuan Donor Darah Indonesia (SPDDI), Nunun Daradjatun menambahkam bahwa menurut data yang disampaikan oleh PMI DKI Jakarta, saat ini kebutuhan darah PMI DKI Jakarta setiap harinya sekitar 1000-1200 kantung darah untuk kebutuhan medis, termasuk ibu melahirkan.

"Sebagai balas budi kepada kaum ibu, maka kegiatan donor darah kali ini dipersembahkan khusus untuk kaum ibu. Khususnya dalam rangkaian peringatan hari ibu yang jatuh setiap tanggal 22 desember.Atas dasar itulah, tidak sedikit mahasiswa yang tersentuh dan pada akhirnya tertarik dan ikut mendonorkan darahnya dalam kegiatan donor darah kali ini. Hingga tercapai target 300 kantung darah dalam kegiatan donor darah kali ini.