Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut kemantapan infrastruktur jalan nasional di Jawa dan Bali yang nantinya akan dilalui para pemudik saat momen Natal dan Tahun Baru 2024 mencapai 96 persen. Ruas jalan itu sepanjang 7.090 kilometer.

"Untuk jalan nasional tambahannya tidak terlalu banyak tetapi kemantapannya bertambah. Di Pulau Jawa dan Bali yang menjadi favorit untuk perjalanan nataru ini sepanjang 7.090 KM kemantapannya 96,43 persen," ujar Basuki kepada wartawan, Kamis, 7 Desember.

Dalam proses perbaikan atau penambahan, PUPR mengganti 37 jembatan Callender Hamilton di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Rencananya, penggantian puluhan jembatan itu akan rampung 19 Desember. Sehingga, saat momen libur Natal dan Tahun Baru sudah bisa dilalui.

"Beberapa sudah diresmikan, tapi ke 37 Jembatan tersebut Insya Allah sudah akan selesai 19 Desember ini, itu untuk jalan nasional," sebutnya.

Kemudian, untuk ruas jalan tol ada penambahan 357 kilometer dari panjang sebelumnya 2.816 kilometer. Namun, kata Basuki dari penambahan jalan itu sebagaian sudah dioperasikan.

"Dari 357 kilometer itu yang sudah di operasikan 236 kilometer, nanti selanjutnya 121 kilometer dioperasikan secara fungsional, itu tersebar juga di Jawa dan di Sumatera," kata Basuki.