Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sendiri telah menyiapkan jalur alternatif menuju Puncak Bogor, untuk menyambut momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Tujuannya lantaran kawasan Puncak Bogor menjadi destinasi wisata favorit bagi kebanyakan masyarakat.

Adapun perbaikan jalan di kawasan tersebut dilakukan melalui program inpres jalan daerah atau IJD 2023.

"Kami meningkatkan akses ke Puncak Bogor di Jawa Barat (Jabar), yaitu ruas Mengker Gunung Batu, ada di batas Kabupaten Cianjur. Jadi, ke Puncak sekarang sudah ada alternatif jalannya, yang sudah kami perlebar dan perbaiki melalui IJD tersebut," ujar Menteri Basuki Hadimuljono saat raker bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa, 21 November.

Basuki mengatakan, IJD memang difokuskan untuk mendukung akses jalan ke jalan tol, seperti akses ke Jalan Tol di Lampung.

Kemudian, juga mendukung akses pariwisata seperti di Sumatera Utara, yakni di ruas Haranggaol-Sp Salbe.

"Kemudian, mendukung konektivitas exit Tol Cisumdawu di Jawa Barat, yaitu di ruas Paseh-Conggeang," ujarnya.

Asal tahu saja, Kementerian PUPR mencatat total jalan nasional non-tol yang sudah berfungsi sepanjang 47.603 km dengan tingkat kemantapan atau kesiapan mencapai 92,2 persen.

Rinciannya, ada 13.417 km di Sumatera, 7.090 km di Jawa dan Bali, 8.036 km di Kalimantan, 8,794 km di Sulawesi, 3.092 km di Nusa Tenggara, dan sepanjang 7.172 km di Maluku-Papua.

"Nusa Tenggara kemantapannya paling tinggi, 95 persen. Kemantapan atau kesiapan jalan non-tol juga ditunjang program Inpres Jalan Daerah (IJD)," ungkapnya.