Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Cipta Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) disebutkan memberi dukungan untuk ketersediaan sanitasi dan air bersih di sejumlah titik di Jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) dalam rangka mendukung kelancaran libur natal dan tahun baru (Nataru) 2022/2023.

Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan pihaknya telah membentuk Tim Tanggap Darurat sebagai upaya mendukung masyarakat yang tengah melakukan mobilitas dan perjalanan luar kota.

"Tim disebar ke empat titik di jalur Pantura untuk menyediakan alat sanitasi dan penyediaan air bersih sebagai dukungan bagi para pengendara yang akan melintasi jalur tersebut pada libur Nataru 2022/2023," ujarnya dalam keterangan pers dikutip Minggu, 25 Desember.

Diana menjelaskan, titik pertama tersebut adalah Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Balonggandu Karawang dengan mengerahkan dua mobil toilet dan satu hidran umum. Sementara titik kedua yakni UPPKB Losarang Indramayu, yakni dua mobil toilet, satu truk engkel, dan satu hidran umum.

Selanjutnya pada titik ketiga di Jalan Raya Pantura, Pilang, Tegal dikerahkan satu mobil toilet dan satu hidran umum. Terakhir di titik keempat yakni Alun-alun Batang dengan dukungan berupa satu mobil toilet, satu hidran umum, satu Mobil Tangki Air (MTA), satu vacuum tinja, dan satu mobil pick up.

“Ini adalah bentuk kontribusi nyata Kementerian PUPR selain memberikan dukungan kesiapan jalan tol dan jalan nasional,” tegas dia.

Untuk diketahui, sesuai dengan imbauan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada masyarakat untuk tidak hanya memanfaatkan jalan tol sebagai jalur lalu lintas Nataru, tetapi juga jalan-jalan nasional yang rata-rata sudah dalam kondisi kemantapan 91,8 persen.

Saat ini total panjang jalan nasional 46.690 km yang tersebar di wilayah Pulau Sumatera sepanjang 7.918 km, Pulau Jawa dan Bali sepanjang 5.336,9 km, Pulau Kalimantan sepanjang 6.556,4 km.

Lalu, Pulau Sulawesi sepanjang 17.284,4 km, dan Pulau Nusa Tenggara sepanjang 2.792,1 dan Pulau Maluku–Papua sepanjang 6.802,3 km.