Royal Caribbean Siap Operasionalkan Kapal Pesiar Terbesar di Dunia Icon of The Seas, Pelayaran Perdana Januari 2024
Kapal pesiar Icon of The Seas. (Sumber: Royal Caribbean)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan kapal pesiar Royal Carribean menerima kapal pesiar terbesar di dunia, Icon of The Seas yang memiliki tinggi 1.198 kaki pekan ini, dengan pelayaran perdananya akan dilakukan bulan depan.

Kapal dengan 20 dek dengan bobot 250.800 ton itu resmi diserahkan kepada perusahaan pelayaran di galangan kapal Meyer Turku di Turku, Finlandia, pada 27 November.

Pelayaran perdananya direncanakan dilaksanakan bulan depan, dengan tujuan tur Karibia selama tujuh hari, dimulai dari Miami, Florida pada 27 Januari 2024.

Dalam keterangannya Royal Caribbean mengatakan, dibutuhkan waktu 900 hari untuk membangun Icon of The Seas, yang memiliki kapasitas untuk menampung 7.600 tamu dan 2.350 awak kapal. Itu berarti hampir 10.000 orang, populasi sebuah kota kecil.

"Hari ini, kami merayakan lebih dari sekedar kapal baru; ini juga merupakan perayaan puncak dari lebih dari 50 tahun inovasi dan impian Royal Caribbean untuk menciptakan pengalaman liburan terbaik," kata Presiden dan CEO Royal Caribbean Group Jason Liberty dalam upacara di galangan kapal pada Hari Senin, melansir CNN 28 November.

Ketika diluncurkan pada akhir Januari, Icon of the Seas akan memiliki delapan tema lingkungan berbeda untuk dijelajahi wisatawan, serta sekitar 40 bar dan pilihan tempat makan.

Di antaranya adalah Thrill Island, yang akan menampilkan Kategori 6, taman air laut terbesar di dunia. Lingkungan ini juga akan memiliki wahana menegangkan yang memungkinkan para tamu berayun 154 kaki di atas laut, simulator ombak FlowRider hingga lapangan golf mini.

Di sisi lain, ada Pulau Chill, yang akan memiliki empat dari tujuh kolam renang Icon dan zona khusus dewasa.

Di AquaDome, para tamu akan menemukan tirai air setinggi 55 kaki dan AquaTheater, yang menampilkan robot, pemain skateboard, penyelam, dan banyak lagi.

Sedangkan The Hideaway adalah tempat para pelancong akan menemukan kolam renang tanpa batas pertama di dunia yang terletak di laut.

Sementara untuk pilihan akomodasi bermalam selama pelayaran, para tamu dapat memilih dari 28 gaya kabin dan suite yang berbeda termasuk, Ultimate Family Townhouse tiga tingkat.

Royal Caribbean mengatakan, Icon of The Seas adalah kapal pesiar pertama yang dapat menggunakan bahan bakar gas alam cair dan akan memiliki pabrik pengolahan limbah menjadi energi pertama di laut.

Semula, kapal ini dijadwalkan pengiriman pada awal tahun 2022, namun pandemi Covid menyebabkan penundaan.

Menurut perusahaan pelayaran, Icon of The Seas sekarang sedang dalam perjalanan ke Cadiz, Spanyol untuk beberapa sentuhan akhir sebelum berlayar ke rumah barunya di Florida.

Sebelum Icon of The Seas, kapal pesiar terbesar di dunia adalah saudaranya di Royal Caribbean, Wonder of the Seas, yang melakukan pelayaran perdananya pada tahun 2022. Sedikit lebih kecil dari Icon of the Seas, kapal ini memiliki panjang 1.188 kaki dan memiliki 18 dek.