Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan dirinya berharap pembebasan sandera terus berlanjut, saat menemui Presiden Israel Isaac Herzog di Tel Aviv Hari Kamis.

Menlu Blinken tiba di Israel pada Rabu malam. Selain bertemu Presiden Herzog, ia juga menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di kantornya, serta hadir dalam rapat kabinet perang.

Pertemuan antara Presiden Herzog dengan Menlu Blinken berlangsung setelah serangan mematikan di Yerusalem yang menewaskan tiga warga Israel dan melukai delapan lainnya.

"Ini adalah contoh lain dari situasi yang kita hadapi, perang tanpa akhir yang kita lakukan melawan organisasi teror, di masa yang sangat rumit dan penuh tantangan ini," kata Presiden Herzog, melansir The Times of Israel 30 November.

Dia juga mengatakan Israel "bekerja, berdoa dan menuntut pembebasan segera semua sandera, berterima kasih kepada Amerika Serikat atas kerja keras yang mereka lakukan untuk membebaskan para sandera."

"Keberadaan mereka tidak kami ketahui dan kami menuntut pembebasan mereka segera. Sudah jelas bahwa balita kecil akan dilepaskan bersama ibunya dan mudah-mudahan dengan ayahnya sesegera mungkin," harapnya.

Sementara dalam tanggapannya, Menlu Blinken menyampaikan duka cita atas korban jiwa dan luka-luka penembakan di Yerusalem.

Lebih jauh Menlu Blinken memuji situasi gencatan senjata yang sudah memasuki hari ketujuh di Gaza, mengatakan itu memungkinkan masuknya lebih banyak bantuan kemanusiaan, berharap pembebasan sandera terus berlangsung.

"Sejak hari pertama, kami fokus dalam upaya membebaskan sandera dari Gaza, dari Hamas," ujar Menlu Blinken.

"Dan kita telah melihat selama seminggu terakhir perkembangan yang sangat positif dari para sandera yang pulang ke rumah dan berkumpul kembali dengan keluarga mereka, dan hal itu harus berlanjut hingga hari ini. Hal ini juga memungkinkan peningkatan bantuan kemanusiaan untuk diberikan kepada warga sipil tak berdosa di Gaza yang sangat membutuhkannya. Jadi proses ini membuahkan hasil. Ini penting dan kami berharap ini dapat terus berlanjut," urai Menlu Blinken.

"Pada saat yang sama saya menantikan pembicaraan rinci dengan pemerintah Israel tentang masa depan di Gaza. Amerika Serikat dengan tegas mendukung Israel dan haknya untuk membela diri dan berusaha memastikan kejadian 7 Oktober tidak akan terjadi lagi," tambahnya.