Demo Buruh Bikin Macet, Polisi Terapkan Pengalihan Arus Exit Tol Cikarang
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman/DOK FOTO: Rizky Adytia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Demonstrasi buruh menyebabkan kemacetan di kawasan Industri MM 2100, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, hari ini. Polisi pun menerapkan skema pengalihan arus lalu lintas di exit Tol Cikarang.

"Aksi buruh melakukan penyampaian pendapat tapi menggunakan jalur alteri. Sehingga di jalur alteri terjadi kemacetan, begitu juga akses yang keluar exit Tol Cikarang itu terjadi hambatan karena di alterinya itu terkoneksi dengan exit Tol Cikarang," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Kamis, 30 November.

Dengan pengalihan arus ini, para pengendara yang hendak melalui exit Tol Cikarang diarahkan untuk terus ke pintu keluar selanjutnya.

Sehingga, kemacetan di kawasan Industri MM 2100, Cikarang Barat, dapat diurai secara bertahap.

"Jadi memang sehingga yang pintu exit tol itu dialihkan ke tempat exit tol lain seperti Bekasi Barat maupun di Cibitung-nya," sebutnya.

Kemudian, Latif menyebut aksi penyampaian pendapat itu tak sampai mengganggu arus lalu lintas di ruas tol. Tapi, memang para pengendara yang mengarah ke Timur akan diminta untuk melalui Tol Layang MBZ.

"Yang penting tol untuk perjalanan di dalam tol tidak masalah lancar yang mau ke Timur Jawa sana ngga ada masalah, cuma kita alihkan dan kita maksimalkan Tol MBZ itu kita maksimalkan," kata Latif.

Adapun, massa buruh menggelar aksi unjuk rasa dengan tuntutan kenaikan upah minimum provinsi atau UMP. Nilainya mencapai 15 persen.