Pedagang Cabai di Pasar Perumnas Klender: Sehari Bisa 3 Kali Berubah Harga
Pedagang cabai di Pasar Perumnas Klender Jakarta Timur/ Foto; IST

Bagikan:

JAKARTA – Kenaikan harga cabai yang terus melonjak membuat banyak pedagang mengeluh. Di Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur, harga cabai rawit merah terus mengalami kenaikan hingga tembus Rp120 ribu perkilogram.

Ditemukan adanya perbedaan harga jual cabai merah yang bervariasi. Perbedaan harga jual tersebut akibat tidak stabilnya harga cabai dalam satu bulan terakhir.

Kondisi tersebut berdampak pada stok ketersediaan komoditas. Pedagang tak mampu menyediakan stok cabai karena khawatir pembeli akan menurun.

"Harga cabai bisa 3 kali naik dalam satu hari. Satu hari bisa beda-beda," ucap Nani, pedagang komoditas cabai di Pasar Perumnas Klender, Senin, 27 November.

Meski ada kenaikan harga, pembeli cabai masih terlihat antusias mendatangi kios-kios para pedagang. Namun mereka mengurangi jumlah pembelian karena tingginya harga cabai.

"Kalau naik ada pengurangan daya beli. Saya jual (komoditas cabai), karena harganya juga beda," kata Marlina, pedagang komoditas cabai lainnya.

Para pedagang berharap pemerintah pusat dapat segera mengambil tindakan dalam menjaga stabilitas bahan pangan pokok komoditas hortikultura.