3 Pasangan Capres-Cawapres Hadiri Acara Penegakan Hukum Terpadu Bawaslu
Pasangan capres-cawapres saat pengundian nomor urut di Gedung KPU Pusat, Jakarta (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Semua pasangan capres dan cawapres menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Rakornas Gakkumdu). Acara tersebut digelar oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Kepolisian dan Kejaksaan.

Acara Bawaslu digelar di Hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta Pusat, Senin 27 November.

Pasangan Anies-Muhaimin tiba sekitar pukul 08.50 WIB, mereka mengenakan jas hitam dengan kemeja berwarna putih, lalu ada Prabowo-Gibran hadir pada pukul 09:13 WIB kompak mengenakan kemeja biru. Sedangkan Ganjar-Mahfud tiba pada pukul 09:30 WIB mengenakan baju hitam-putih.

Acara ini mengambil tema “Gakkumdu Mengawal Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat”. Rakornas Gakkumdu digelar dalam rangka persiapan pengawasan menjelang masa kampanye.

KPU akan menggelar debat capres-cawapres sebanyak lima kali. Hal ini diatur di dalam Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum. Seperti pada pilpres sebelumnya, debat ini akan disiarkan oleh stasiun televisi nasional.

Setelah durasi kampanye tadi, pasangan capres-cawapres memasuki masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Lalu, 14 Februari 2024 adalah hari H pemungutan suara serentak dan penghitungan suara.

Selanjutnya, 15 Februari 2024 sampai 20 Maret 2024, dilakukan rekapitulasi hasil perhitungan suara. Pasangan presiden dan wakil presiden terpilih melakukan pengucapan sumpah dan janji pada 20 Oktober 2024.