Jam Tangan Patek Philippe Langka Milik Andy Warhol Dilelang di Christie's Bulan Depan, Diprediksi Laku hingga Rp9,3 M
Jam tangan Patek Philippe Perpetual Calendar Ref 3448 milik Andy Warhol's Sumber Christie's

Bagikan:

JAKARTA - Rumah lelang Christie's mengadakan penjualan jam tangan langka dan bernilai tinggi pada tanggal 5 Desember di New York, dengan salah satu item yang akan dijual adalah jam milik Andy Warhol.

Lelang yang akan diadakan di Rockefeller Center di Manhattan ini akan menjadi puncak dari tur sejumlah jam tangan terpilih yang sebelumnya dibawa ke Jenewa (Swiss) dan Hong Kong. Jam-jam tersebut akan dipamerkan pada 1-4 Desember mendatang di New York, sebelum dijual keesokannya.

Dari 24 jam tangan terkenal dan berharga yang akan dilelang, mungkin jam tangan paling terkenal adalah Patek Philippe Perpetual Calendar Ref 3448 yang pernah dimiliki oleh Andy Warhol, seniman Amerika yang paling terkenal di abad ke-20 dan menginspirasi dunia seni.

Menjadi salah satu sosok kolektor ternama, Warhol mengumpulkan banyak benda hingga karya seni selama hidupnya, yang secara kolektif dikenal sebagai "Andy’s stuff".

Setelah Warhol wafat pada Februari 1987, semua koleksinya dilelang dalam penjualan yang berlangsung selama 10 hari. Pembeli jam tangan ini menyimpannya hingga tahun 2014, sebelum dijual lagi kepada pemiliknya saat ini.

"Kondisi keseluruhan yang sangat baik dan telah dibersihkan sepenuhnya serta direstorasi oleh Patek Philippe pada pertengahan 1980-an," sebut Christie's, seperti dilansir dari The National News 23 November.

Jam ini memiliki pelat opalin asin seri terakhir dari Stern Freres, dengan tanda Aprior pada pukul enam, di kedua sisi kata Swiss. Sementara itu, casing emas 18 karat masih dalam kondisi asli dengan tepian yang tajam dan tegas.

Dengan kondisi yang sangat baik dan asal-asulnya, jam tangan ini diharapkan dapat menarik banyak peminat. Christie's memperkirakan ini akan terjual antara 350.000 dolar AS hingga 600.000 dolar AS atau setara Rp5.436.410.000 - Rp9.319.560.000

Mengutip Christie's, Patek Philippe Perpetual Calendar Ref 3448 pertama kali diperkenalkan ke pasar pada tahun 1962. Jam ini menjadi satu dari ratusan koleksi jam mendiang Warhol, bersama dengan sejumlah merek lainnya, seperti Rolex hingga Audemars Piguet.

Selain Patek Philippe Perpetual Calendar Ref 3448 milik Warhol, turut dilelang dalam penjualan 5 Desember mendatang antara lain, Patek Philippe Sky Moon Tourbillon Ref 5002P-001, Rolex Daytona “Paul Newman” Oyster Sotto hingga Richard Mille Unique RM 018 “Hommage A Boucheron”.